Disambut Banser, 32 Biksu Thailand yang Jalani Prosesi Thudong Tiba di Jawa Tengah

Disambut Banser, 32 Biksu Thailand yang Jalani Prosesi Thudong Tiba di Jawa Tengah

THUDONG - Puluhan Biksu yang melaksanakan proses Thudong tiba di Brebes Jawa Tengah, Senin sore 22 Mei 2023. -Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

LOSARI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menjalani prosesi thudong atau berjalan kaki dari Thailand, 32 biksu akhirnya sampai di Jawa Tengah. Kedatangannya di Kecamatan Losari, Brebes disambut pasukan Banser.

Rombongan tiba di Brebes sekitar pukul 17.06 WIB. Biksu yang melakukan prosesi thudong masuk Jawa Tengah, Senin 22 Mei 2023. 

Tepatnya, di Sungai Cisanggarung, sejumlah anggota kepolisian dari Polres Brebes sudah melakukan penjagaan di perbatasan Jateng dan Jawa Barat (Jabar). 

Rombongan Biksu rencananya akan menginap di Setia Bhakti, Losari. Besok pagi, mereka akan melanjutkan perjalanan menuju PCNU Brebes kurang lebih sejauh 40 KM.

Selanjutnya, mereka akan meneruskan perjalanan dengan jalan kaki ke Magelang.

BACA JUGA:32 Biksu Thailand Bakal Sampai di Tegal, Warga Siapkan Pentas Seni dan Hadroh

Ketua Forum Silaturahim Anak Bangsa Losari KH Abdul Muis Sahal mengatakan, bersama Yayasan Darma Mulya Losari Timur dan PAC NU Losari, mereka telah mempersiapkan kedatangan 32 biksu dari Thailand yang tiba di Brebes, Provinsi Jateng.

“Sore ini di perbatasan Jateng-Jabar tepatnya di Pos Polisi Cisanggarung, Losari, Brebes, bersama-sama masyarakat menyambut kedatangan 32 Biksu. Ini sebagai bentuk toleransi dan penghormatan kita terhadap tamu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sekalipun berbeda agama dan keyakinan mereka adalah saudara. Bahkan, sebagai bentuk kemanusiaan, pihaknya membagikan sejumlah minuman kepada mereka.

“Selamat datang di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Semoga selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Sejumlah masyarakat nampak antusias menunggu kedatangan rombongan Biksu dari Thailand tersebut. Masyarakat rela menunggu kedatangan mereka berjam-jam di pinggir Jalan Pantura Brebes. Di wilayah Kecamatan Losari. ***

Sumber: