32 Biksu Thailand Bakal Sampai di Tegal, Warga Siapkan Pentas Seni dan Hadroh

32 Biksu Thailand Bakal Sampai di Tegal, Warga Siapkan Pentas Seni dan Hadroh

KONFERENSI PERS - Ketua DPC Petanesia Kabupaten Tegal, Mohammad Margaretta Rachmat, bersama jajarannya saat Konferensi Pers di Kantor Petanesia Slawi, Jumat, 19 Mei 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bakal sampai di Tegal, 32 biksu Thailand rencananya akan disambut dengan pementasan seni dan musik hadroh oleh warga Kabupaten Tegal. 

Pentas seni menyambut biksu Thailand itu akan berlangsung di Objek Wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Kabupaten Tegal pada Rabu 24 Mei 2023.

"Kita sudah mempersiapkan pentas seni untuk menyambut kedatangan para biksu di Purin," kata Ketua DPC Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Tegal Mohammad Margaretta Rachmat, saat Konferensi Pers di Kantor Petanesia, Jumat, 19 Mei 2023.

Semula, biksu yang melakukan perjalanan dari Thailand menuju ke Candi Borobudur, Magelang itu sebanyak 54 orang. Namun sekarang menyisakan 32 orang.

BACA JUGA:Pendeta hingga Biksu Ramaikan Open House Ganjar di Tawangmangu

Dijadwalkan, para biksu itu sampai di Kota Tegal pada Selasa, 23 Mei 2023. Mereka akan bermalam di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal.

Kemudian pada Rabu, 24 Mei sekitar pukul 05.00 WIB, para biksu akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju ke Purin.

Untuk menyambut kedatangan mereka, Petanesia tidak hanya melibatkan jajaran pengurusnya. Namun juga menggandeng berbagai elemen mahasiswa dan paguyuban seni.

"Penyambutan ini merupakan bentuk pelaksanaan amanat dari Maulana Habib Lutfi dalam menjaga dan merawat toleransi di dunia dan Indonesia,'' kata Margaretta didampingi sejumlah pengurus Petanesia.

Dia menjelaskan, ritual jalan kaki ribuan kilometer yang dilakukan para biksu itu bernama thudong. Selama melakukan ritual thudong, mereka sudah melewati empat negara, Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

"Thudong ini adalah elemen penting keagamaan masyarakat dunia yang harus dijaga," ucapnya.

Sementara, Sekretaris Petanesia Kabupaten Tegal Dr Zaki Mubarok, mengatakan, dalam penyambutan nanti, pihaknya akan mementaskan seni dari UKM Junudul Musthofa IBN Tegal, STAPALA IBN Tegal, Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air (PMPI) Kabupaten Tegal, Paguyuban Patra Ganesha, dan Sanggar Panji Laras pimpinan Ki Anom Kudowinahto.

Mereka akan menyambut dan mengawal perjalanan para biksu dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal hingga Perbatasan Pemalang. Pengawalan akan dilaksanakan oleh DPC Petanesia Kabupaten Tegap, UKM STAPALA IBN dan PMPI.

''Nanti para biksu akan disambut dengan pementasan seni dan budaya hadroh Junudul Musthofa dengan lagu Ya Lal Wathon, Sanggar Panji Laras pimpinan Ki Anom Kudowinahto serta pameran pusaka oleh Paguyuban Patra Ganesha,'' kata Dr Zaki yang juga wakil rektor IBN Tegal ini.

Sumber: