Mother's Day 14 Mei, Ini Bedanya dengan Hari Ibu di Indonesia

Mother's Day 14 Mei, Ini Bedanya dengan Hari Ibu di Indonesia

Mother's Day--

Beda Tradisi dan Tanggal

Peringatan Hari Ibu terus berkembang di berbagai negara di seluruh dunia. Setiap negara memiliki tradisi dan tanggal perayaan yang berbeda-beda. 

Pada Hari Ibu, orang-orang sering memberikan perhatian khusus, ucapan terima kasih, dan hadiah kepada ibu mereka. Ini adalah kesempatan untuk menghormati peran yang tak ternilai dari ibu dalam kehidupan kita.

Di Indonesia, mayoritas masyarakat Indonesia merayakannya pada tanggal 22 Desember. Sementara untuk Mother’s Day setiap tahunnya berbeda-beda loh. 

Yakni dirayakan pada hari minggu kedua di bulan Mei, sehingga tanggalnya berbeda-beda. Contohnya pada tahun ini, Mother’s Day jatuh pada hari Minggu, 14 Mei 2023. 

Sementara tahun lalu, pada tanggal 8 Mei 2022, dan pada tahun 2024 mendatang, Mother’s Day akan dirayakan pada tanggal 12 Mei.

BACA JUGA: Habib Jafar Ngaku Mau Nonton Konser Coldplay, Netizen: Langsung Diridhoin Allah

Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu di Indonesia sendiri muncul setelah muncul Kongres Perempuan Indonesia pada pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres ini diadakan untuk menyamaratakan derajat perempuan dengan kaum laki-laki.

Hal ini terinspirasi dari semangat juang para pahlawan wanita Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan negara. Kongres Perempuan Indonesia II kemudian diadakan pada tanggal 22 Desember 1938 di Bandung. 

Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1959, Presiden Soekarno menetapkan Hari Ibu sebagai Hari Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Walau bukan hari libur nasional, masyarakat Indonesia selalu memperingati hari tersebut untuk menghormati para ibu setiap tahun. ***

Sumber: