Mother's Day 14 Mei, Ini Bedanya dengan Hari Ibu di Indonesia

Mother's Day 14 Mei, Ini Bedanya dengan Hari Ibu di Indonesia

Mother's Day--

JAKARTA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Hari ini, Minggu 14 Mei 2023 menjadi momen bagi sejumlah negara merayakan Mother's Day. Setiap tahun, sejumlah negara memperingatinya di tanggal yang berbeda.

Lalu, negara mana saja yang merayakan Mother's Day ini? Serta apa bedanya dengan peringatan Hari Ibu di Indonesia?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalam artikel ini akan mengulas tentang Mother's Day atau Hari Ibu bagi sejumlah negara.

Untuk lebih jelas, simak di bawah ini ya!

Tidak Semua Merayakan Mother's Day Bulan Ini

Dari berbagai sumber diketahui ternyata tidak semua negara merayakan Mother's Day bulan ini. Negara yang tercatat merayakannya yakni Amerika Serikat, India, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Rupanya Mother's Day bermula pada abad ke-20 di Amerika Serikat. Pada tahun 1908, seorang wanita bernama Anna Jarvis memperjuangkan pengakuan resmi untuk hari khusus untuk ibu-ibu di Amerika Serikat. 

Dia terinspirasi oleh ibunya sendiri, Ann Reeves Jarvis, yang seorang aktivis sosial dan pejuang hak perempuan.

Lalu pada tanggal 10 Mei 1908, Anna Jarvis mengadakan sebuah perayaan di Gereja Metodis St. Andrew di Grafton, West Virginia, untuk menghormati ibunya yang baru saja meninggal dunia. 

BACA JUGA: Doctor Cha Episode 9-10 Sub Indo, Link Nonton dan Sinopsis: In Ho Keceplosan Panggil Yeobo

Acara tersebut merupakan momen penting dalam perjalanan menuju perayaan Hari Ibu. Anna Jarvis kemudian mempromosikan gagasan tersebut di seluruh Amerika Serikat.

Hingga pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson menetapkan Minggu Kedua bulan Mei sebagai Hari Ibu nasional di Amerika Serikat.

Namun, Anna Jarvis menjadi kecewa dengan komersialisasi yang terjadi di sekitar Hari Ibu. Dia melihat bagaimana perayaan tersebut berubah menjadi kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkannya secara komersial. 

Jarvis berjuang sepanjang hidupnya untuk membatasi komersialisasi Hari Ibu, dan ia bahkan menghabiskan hampir semua hartanya dalam upaya tersebut.

Sumber: