H-4 Lebaran Arus Mudik di Tol dan Pantura Ramai Lancar, 146 Ribu Lebih Kendaraan Sudah Masuk Brebes

H-4 Lebaran Arus Mudik di Tol dan Pantura Ramai Lancar, 146 Ribu Lebih Kendaraan Sudah Masuk Brebes

Kondisi arus mudik yang keluar dari exit tol Pejagan tampak ramai lancar dan volume kendaraan terus bertambah.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 146 ribu lebih kendaraan pemudik sudah melintas di Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) hingga Selasa 18 April 2023 atau H-4 Lebaran. 

Hingga siang, volume kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya terus meningkat. 

Berdasarkan data, mulai 12 April 2023 (H-10) sampai 16 April 2023 (H-6), total yang sudah melintas mencapai 146.114 melintas. 

Berdasarkan pantauan Radar Tegal di lapangan, lonjakan jumlah pemudik paling banyak pada Minggu 16 April 2023, yang tembus 42.672 kendaraan. 

BACA JUGA:619 Peserta Ikut Mudik Bareng BSI, Disediakan 3 Bus Khusus Disabilitas

Paling banyak kendaraan pribadi dan travel, keluar dari Exit Tol Pejagan Brebes dan Exit Adiewarna Kabupaten Tegal.

Pengelola PPTR, Ian Dwinanto mengungkapkan, arus kendaraan masih terpantau ramai lancar di sepanjang Tol Pejagan-Pemalang. 

Termasuk, belum ada kecelakaan arus mudik sejak H-10. Namun, pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam pengamanan arus mudik.

"Sejumlah kejadian, hanya gangguan pecah ban atau gangguan mesin saja. Tapi, semuanya bisa teratasi dan arus mudik tetap lancar," terangnya.

BACA JUGA:Baru Tiba 1 Jam Usai Perjalanan Mudik, Warga Pakembaran Slawi Dibunuh Keponakan Sendiri

Berdasarkan lonjakan kendaraan, lanjut Ian, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran. Tepatnya, Kamis 20 April 2023.

Karena semua aktifitas pemudik mengejar sampai tujuan mendekati lebaran. Menurutnya, kendaraan yang melintas diprediksi mencapai 95 ribu kendaraan setiap harinya.

"Langkah antisipasi situasional, disiapkan One Way secara berkala (periodik) jika arus mudiknya membludak," imbuhnya. *

Sumber: