Patut Dicontoh! Begini Cara Anggota DPRD Kota Tegal Perjuangkan Masyarakat Ekonomi Rentan

Patut Dicontoh! Begini Cara Anggota DPRD Kota Tegal Perjuangkan Masyarakat Ekonomi Rentan

Anggota DPRD Kota Tegal Sisdiono Ahmad meninjau budidaya ikan lele binaannya yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat ekonomi rentan.-K Anam Syahmadani-

Dari informasi yang dihimpun, kelebihan ikan lele Sangkuriang di antaranya mudah dibudidayakan, dapat dipanen cepat, jumlah telur banyak, dan tahan penyakit. 

BACA JUGA:11 Orang di Brebes Meninggal Dunia Karena DBD Sepanjang Tahun 2022

Saat ini, 8.000 benih ikan lele yang ditebar itu sudah ada yang berukuran 10 sentimeter, dan siap dipindahkan atau dipisahkan ke delapan kolam terpal lain yang sudah disediakan. 

Lebih lanjut Sisdiono menuturkan, Kelompok Budidaya Ikan Lele Maju Bersama beranggotakan warga yang rata-rata kondisi perekonomiannya rentan dan sudah berusia tidak produktif. 

“Ada yang mantan tukang, pedagang kecil, supir ojek, dan lainnya. Mereka masih memiliki tanggung jawab sebagai kepada keluarga,” tutur Sisdiono. 

Diperkirakan, ikan lele ini dapat dipanen Februari mendatang. Ikan lele yang dipanen dijual pengepul maupun ke pasar. Menurut Sisdiono, total keuntungan bersih dari 16 kolam terpal dapat mencapai Rp4 juta setiap panen. 

BACA JUGA:Angin Kencang Terjang Dua Rumah di Desa Batumirah Kabupaten Tegal

Keuntungan tersebut dibagi untuk anggota Kelompok Budidaya Ikan Lele Maju Bersama dan sebagiannya lagi untuk membeli bibit dan pakan. 

Tidak hanya itu, air dari kolam terpal juga digunakan untuk mengairi tanaman hidroponik, yang dimanfaatkan untuk kegiatan ibu-ibu setempat. 

Selain melakukan pembinaan secara langsung, Sisdiono juga akan mengundang penyuluh perikanan untuk melakukan supervisi dan evaluasi perkembangan budidaya ikan lele yang ditangani Kelompok Budidaya Ikan Lele Maju Bersama.  

Ketua Kelompok Budidaya Ikan Lele Maju Bersama Budi Riyadi menuturkan, untuk mengelola budidaya ikan lele ini, setiap hari ada tiga personel yang ditugaskan, baik untuk memberi makan, menjaga, mengecek, dan lainnya. 

BACA JUGA:Sinopsis Episode 7 Alchemy of Souls Season 2 : Seo Yul Dapat Kecupan Jin Bu Yeon

“Warga yang belum ada pekerjaan, diberdayakan sehingga ada pekerjaan. Ada peningkatan secara ekonomi,” ucap Budi. 

Budi menyampaikan terima kasih kepada Sisdiono yang telah mewujudkan aspirasi warga. Budidaya ikan lele ini bermanfaat untuk memberdayakan warga dan dapat meningkatkan perekonomian mereka, sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

“Budidaya ikan lele seperti ini rasanya perlu dicontoh oleh warga di wilayah lain,” imbuh Budi. *

Sumber: