Puluhan Massa Demo KPU Kabupaten Tegal, Protes Hasil Seleksi PPK

Puluhan Massa Demo KPU Kabupaten Tegal, Protes Hasil Seleksi PPK

Puluhan massa Aliansi Pemuda Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal bentangkan poster saat demo di depan Kantor KPU Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

BACA JUGA:Ditinggal Mudik, Rumah Dinas Pegawai Kejaksaan Brebes Dibobol Maling

Fatkhuri yang berpengalaman menjadi anggota PPK dan saat ini berprofesi sebagai dosen kalah dengan peserta yang hanya baru lulus SLTA. Bahkan peserta tersebut belum sempat mencoblos dalam Pemilu sebelumnya. Tak hanya itu, dugaan kejanggalan juga terjadi saat pengumuman seleksi administrasi. 

“Ada nama yang muncul saat ralat pengumuman. Nama-nama itu mulus dalam seleksi ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan, nilai CAT tidak diakumulasi dengan nilai wawancara. Hal itu yang membuat sejumlah peserta dengan nilai tinggi saat CAT tersisih. 

“Walaupun kami sudah mendapatkan penjelasan, tapi kami belum puas. Kami akan ajukan gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” tegas Fatkhuri saat keluar dari aula KPU setempat. 

BACA JUGA:Awal Masuk Sekolah Pasca Libur Semester Polres Tegal Gencarkan Pemahaman Soal Kenakalan Remaja

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Tegal, Himawan Tri P menjelaskan, seleksi PPK yang dilakukan KPU Kabupaten Tegal dinilai telah sesuai dengan prosedur. 

Jika mereka akan mengajukan gugatan ke DKPP, pihaknya menghormati hal tersebut. Namun, untuk keputusan lulusnya para peserta calon PPK merupakan hasil rapat pleno, bukan orang perorang komisioner KPU. 

“Hasil tes wawancara merupakan komulatif dari pengetahuan kepemiluan, komitmen dan rekam jejak. Termasuk penguasaan IT juga jadi pertimbangan,” paparnya. 

Dia menegaskan, tes CAT hanya mangantarkan untuk tes wawancara, jadi nilainya tidak digabungkan. 

BACA JUGA:Luar Biasa! Libur Nataru Jumlah Wisatawan Guci Terbanyak di Jateng

"Prinsip, seluruh tahapan sudah kami koordinasikan dengan KPU Provinsi Jawa Tengah dan kemudian proses pelaksanaannya kami berikan kepada mereka yang dinyatakan lulus di aplikasi SIAKBA,'' tandasnya. *

Sumber: