Awal Masuk Sekolah Pasca Libur Semester Polres Tegal Gencarkan Pemahaman Soal Kenakalan Remaja

Awal Masuk Sekolah Pasca Libur Semester Polres Tegal Gencarkan Pemahaman Soal Kenakalan Remaja

Kasat Binmas Polres Tegal memberi pemahaman cegah kenakalan remaja dihadapan siswa SMPIT Luqman Al Hakim.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Memasuki awal tahun baru dan awal masuk sekolah paska libur semester, upaya memberikan pemahaman terhadap siswa guna mencegah kenakalan remaja dan tawur antar pelajar dilakukan Polres Tegal. 

Kali ini melalui Satuan Binmas, sambang sekolah menghampiri SMPIT Luqman Al Hakim yang dikemas dalam kegiatan penguatan karakter siswa didik.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK MH melalui Kasat Binmas Iptu Bambang Suwidagdo SG MAP menyatakan, dari kegiatan ini diharapkan siswa didik bisa memahami tentang kenakalan remaja yang bisa berhadapan dengan hukum.

Sekaligus mencegah dini terulangnya kejadian tawuran antar pelajar di wilayah Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Luar Biasa! Libur Nataru Jumlah Wisatawan Guci Terbanyak di Jateng

"Selain memberikan pemahaman dan pengertian tentang kenakalan remaja, kami juga mengajak pelajar untuk tidak melakukan tindakan yang melawan aturan, atau norma yang mengarah ke tindak pidana. Sekaligus memberikan pemahanan tentang ancaman hukumannya,"ujarnya Senin 2 Januari 2023..

Dalam kesempatan ini dia juga mengajak pelajar untuk dapat memanfaatkan media sosial dengan baik, dan tidak mudah terprovokasi dengan berita bohong atau ajakan yang melanggar norma dan aturan yang melawan hukum. 

Dihadapan ratusan pelajar pihaknya juga menyatakan bahwa remaja merupakan momen pencarian jati diri. 

BACA JUGA:Banjir Rendam Pertigaan Blandong Comal, Arus Lalu Lintas di Pantura Terhambat, Kendaraan Dialihkan

"Biasanya pencarian jati diri itu dilakukan dengan mencoba hal-hal baru. Banyak hal baru yang bisa dicoba, tapi kenapa rata-rata kalian justru mencoba hal-hal yang negatif. Hal-hal yang justru dilarang oleh agama dan negara. Padahal banyak sekali hal-hal baru yang bernilai positif yang bisa dilakukan," cetusnya.

Bambang juga menyatakan bahwa peran orang tua sangat dibutuhkan dalam pembentukan karakter di usia remaja. 

"Jangan sampai kalian terjerumus ke hal-hal yang negatif. Akhir-akhir ini terjadi perilaku kepribadian yang tidak baik dominan mengarah pada kenakalan remaja yang harus diwaspadai dan dihindari."

BACA JUGA:Warga Kecewa Malam Tahun Baru di Alun Alun Pemalang Gelap, Plt Bupati Perintahkan Disperkim Evaluasi

"Adapun perilaku seperti merokok, minum-minuman keras bahkan mengarah pada penyalahgunaan narkoba, nongkrong atau mangkal di pinggir jalan, cafe, halte, berpacaran mengarah pada pergaulan bebas, kebut-kebutan di jalan, bermain game yang berlebihan, mengeluarkan kata-kata kotor, berpenampilan yang tidak sopan. Termasuk tindakan bullying terhadap teman, lempar-lemparan, dan tidak patuh pada aturan agama dan sekolah," ungkapnya.

Sumber: