3 Jenis BBM Dilarang Dijual Lagi Per 1 Januari 2023, Nasib Pertalite dan Solar?

3 Jenis BBM Dilarang Dijual Lagi Per 1 Januari 2023, Nasib Pertalite dan Solar?

--

RADAR TEGAL - Tiga jenis bahan bakar minyak (BBM) dilarang pemerintah dijual lagi per 1 Januari 2023 nanti. Ketiganya adalah BBM dengan RON 87, 88, dan 89.
 
Penghapusan ini mendasari Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022. Dalam kepemen itu disebutkan bahwa mulai 1 Januari 2023 ada tiga jenis BBM yang dilarang beredar di Indonesia.
 
Tiga jenis BBM yang dilarang beredar lagi mengandung kadar oktan di bawah RON 90. Ketentuan BBM yang masih boleh dijual di Indonesia itu terdapat dalam Kepmen ESDM Nomor: 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan.
 
Dengan Kepmen, pemerintah melakukan perubahan jenis-jenis BBM penugasan. BBM RON 88 sudah diubah menjadi BBM RON 90 sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).
 
Sedangkan 3 jenis BBM dengan kadar oktan di bawah RON 90 yang masih beredar di Indonesia adalah BBM RON 87, 88, dan 89. Aturan itu juga tertuang pada Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.
 
Publik selama ini mengenal BBM dengan kadar oktan RON 87 dan RON 88 sebagai premium. Sedangkan jenis BBM dengan kadar oktan RON 89 dijual oleh PT VIVO Energy Indonesia dengan merek dagang Revvo 89.
 
3 Jenis BBM dengan kadar oktan di bawah RON 90 itu masih dijual di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan telah berubah BBM penugasan maka BBM penguasan sebelumnya yakni RON 88 turut dihapus dan dilarang dijualbelikan di Indonesia.
 
Tugas RON 88 (Premium) diambil oleh BBM RON 90 yakni Pertalite. Pertalite merupakan BBM dengan kadar oktan RON 90.
 
Dengan demikian maka Pertalite tidak termasuk dalam jenis BBM dilarang di Indonesia. Begitupun dengan Pertamax yang memiliki kadar RON 92, yang bukan termasuk jenis BBM yang dilarang di Indonesia.
 
Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Saleh Abdurrahman pada Selasa 25 Oktober 2022 telah mengkonfirmasi info 3 jenis BBM dilarang dijual di Indonesia mulai 1 Januari 2023.
 
"Mulai 1 Januari 2023 ada 3 jenis BBM dilarang dijual belikan di Indonesia. Sehingga hanya RON 90 ke atas yang boleh beredar. Sedangkan RON di bawah itu mau 87, 88, 89 itu sudah nggak bisa beredar," ujar Saleh Abdurrahman.
 
Lalu apakah RON itu? RON merupakan singkatan dari Research Octane Number. RON sendiri adalah patokan soal kualitas BBM dengan mengukur kadar oktan.
 
Angka dibelakang RON menjadi petunjuk tinggi tekanan yang diberikan BBM hingga menghasilkan pembakaran spontan. Sehingga semakin tingi angka RON akan semakin baik bagi mesin.
 
Kata Saleh Abdurrahman, jika dilihat dari aturan yang baru, BBM di bawah RON 90 dilarang penggunaannya lagi nantinya karena mempertimbangkan standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri.
 
Dalam pasal 1, Diktum KESATU menyatakan adanya perubahan ketentuan yang aturannya tertulis sebagai berikut:
 
Mengutip dari JDIH Kementerian ESDM, KESATU:
 
a) Menetapkan formula harga dasar sebagai pedoman perhitungan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan di titik serah untuk setiap liter sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.
 
b) Formula harga dasar untuk Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin {Gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.
 
a) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib melaporkan penetapan harga jual eceran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setiap bulan dan/atau dalam hal terdapat perubahan dalam penetapan harga jual eceran.
 
b.) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib menerapkan harga jual eceran yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam huruf a.
 
Penyebab Harga BBM Indonesia Tak Kunjung Turun
 
Harga BBM Indonesia belum menemukan titik terang kapan turun harga.
 
ReforMiner Institute telah menyusun laporan mengungkap penyebab sampai Harga BBM Indonesia tak kunjung turun. Sementara harga BBM di beberapa negara tetangga sudah banyak yang turun Hal ini bisa dilihat melalui arus perdagangan di SPBU wilayah dan Perusahaan swasta yang memproduksi beberapa jenis BBM.
 
Sejumlah BBM seperti Dexlite, Pertamax Turbo, dll mengalami kenaikan. Sedangkan, BBM jenis Pertalite dan Pertamax tetap bertahan di harga tinggi.   Sementara itu menjelang libur Natal dan Tahun Baru, kebutuhan BBM  meningkat.
 
Masyarakat semakin mengeluhkan harga BBM di Indonesia yang tak kunjung turun. Padahal untuk menempuh perjalanan mudik atau liburan membutuhkan Bahan Bakar yang tidak sedikit.  
 
Justru, beberapa Badan Usaha yang memproduksi BBM baik dalam negeri, BUMN dan swasta kompak menyesuaikan harga BBM pada 1 Desember2022. Ini menunjukkan bahwa kenaikan harga BBM Indonesia belum menemukan celah akan turun.  
 
Menyikapi hal ini ReforMiner Institute membeberkan beberapa alasan mengapa BBM di Indonesia harganya masih tinggi.
 

 

Sedangkan di beberapa negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura harga BBM mengalami penurunan.  Sebelum diulas mengenai harga BBM di Indonesia, simak terlebih dahulu  daftar harga BBM di Singapura dan Malaysia sebagai perbandingan. (*)

Sumber: