Kerusakan Jalan Ruas Linggapura-Buniwah Semakin Parah, Pj Kades: Sudah Berulang Kali Diusulkan Perbaikan

Kerusakan Jalan Ruas Linggapura-Buniwah Semakin Parah, Pj Kades: Sudah Berulang Kali Diusulkan Perbaikan

Kondisi kerusakan jalan kabupaten ruas Linggapura-Buniwah semakin parah seiring datangnya musim hujan.-Teguh Supriyanto-

TONJONG, RADARTEGAL.COM - Warga mengeluhkan kondisi kerusakan jalan kabupaten ruas Linggapura-Buniwah yang semakin parah seiring datangnya musim hujan saat ini. 

Jalan yang juga sebagai penghubung wilayah Kecamatan Tonjong dengan Sirampog ini sulit dilalui dan membahayakan pengendara yang melintas.  

Pj Kades Linggapura M Mustain menyampaikan, kondisi kerusakan telah terjadi cukup lama. Pihaknya kerap mendapat keluhan dari warga yang berharap perbaikan dapat segera dilakukan.

"Dalam setiap kesempatan warga selalu menanyakan terkait kondisi kerusakan, karena kondisinya semakin parah," ungkapnya, Senin 14 November 2022.

Dikatakan, kerusakannya yakni, jalan berlubang dan lapisan aspal hilang, sehingga hanya menyisakan material batu. Datangnya musim hujan semakin menyulitkan warga untuk melintasinya.

"Jika dalam kondisi cuaca kemarau sangat berdebu. Sedangkan jika musim hujan, jalan menjadi licin dan membahayakan pengguna kendaraan," jelasnya.

Kerusakan terasa semakin menyulitkan warga, karena kondisi jalan di lokasi tersebut berada di sekitar perbukitan dengan medan menanjak dan turunan.

"Saya mengalami sendiri, sangat sulit melintasi lokasi tersebut," ucapnya.

Selain warga Linggapura, ruas jalan ini juga kerap dimanfaatkan oleh warga Kecamatan Sirampog menuju jalan utama Tegal-Purwokerto. Terutama saat terjadi kendala lalu lintas di wilayah Bumiayu.

Pemerintah desa, lanjut Mustain, telah beberapakali menyampaikan usulan terkait perbaikan jalan. Hanya saja, hingga menjelang akhir tahun 2022 ini, belum ada tanda-tanda perbaikan dapat segera dilakukan.

Bagian Teknis UPTD PU wilayah Bumiayu, Siswanto, tidak memungkiri masih adanya kerusakan jalan di sebagian jalan kabupaten ruas Linggapura-Buniwah tersebut. Adapun sebelumnya telah dilakukan perbaikan secara bertahap di ruas jalan tersebut.

"Perbaikan dan pemeliharaan tetap dilakukan, hanya saja belum mencapai titik kerusakan secara menyeluruh. Untuk itu, perbaikan sepenuhnya sudah kita usulkan," terangnya. *

Sumber: