Optimis Kalahkan Timnas U-17 Indonesia, Pelatih Malaysia Berkilah Bola Itu Bundar

Optimis Kalahkan Timnas U-17 Indonesia, Pelatih Malaysia Berkilah Bola Itu Bundar

--

JAKARTA, radartegal.com - Timnas U-17 Indonesia naik sebagai pemuncak klasemen sementara dengan poin sempurna 9 dari tiga kali kemenangan di fase Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Di laga ketiga grup, Jumat malam 7 Oktober 2022, anak asuh Bima Sakti menang 2-0 atas Timnas U-17 Palestina. Meski begitu, posisi Garuda Asia (julukan Timnas U-17) belum aman untuk lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2023 sebagai juara grup. 

Siapa yang akan menjadi juara grup, akan ditentukan di laga terakhir Grup B antara Timnas U-17 Indonesia vs Malaysia, Minggu 9 Oktober 2022 di Stadion Pakansari Bogor pukul 20.00 WIB. 

Garuda Asia harus memenangkan laga, meski hasil seri pun sudah memastikan Iqbal Gwijangge dkk menjadi juara grup. Namun, Malaysia yang kini menjadi runner up Grup B dengan selisih dua angka, juga bertekad lolos langsung ke Piala Asia U-17 2023 di Bahrain.

Seandainya kalah dari Malaysia, Indonesia akan menduduki peringkat kedua. Untuk lolos ke Piala Asia U-17 2023, hanya dapat diraih jika Timnas U-17 termasuk enam runner up terbaik dari 10 grup kualifikasi.

Timnas U-17 Malaysia bertekad menundukkan Indonesia demi lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 tersebut. "Indonesia tim bagus dan memiliki motivasi tinggi. Namun, bola itu bundar," ujar pelatih Timnas U-17 Malaysia, Osmera bin Omaro di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat malam 7 Oktober 2022.

Malaysia kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Adapun Indonesia berstatus pemuncak klasemen setelah mengoleksi sembilan poin dari tiga laga.

Mengalahkan Indonesia, ungkap Osmera, memang menjadi satu-satunya cara Malaysia untuk melaju langsung ke Piala Asia U-17 2023. Namun, Osmera mengakui, Indonesia merupakan lawan yang berat.

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia tiga kali menang dari tiga pertandingan yang dilalui. Sementara, dari tiga pertandingan, Malaysia menang dua kali dan sekali imbang.

Satu-satunya hasil seri itu, secara mengejutkan, diperoleh ketika mereka berhadapan dengan Guam. Indonesia datang ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 seusai menjadi juara di Piala AFF U-16 2022. 

Ketika Indonesia mengangkat trofi juara turnamen itu, Malaysia gagal melaju dari fase grup. Staf pelatih timnas U-17 Malaysia pun terus memantau penampilan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 mulai pertandingan pertama. 

Upaya itu terbantu kebijakan PSSI yang menayangkan seluruh laga Timnas U-17 Indonesia di stasiun televisi swasta dan layanan menonton daring. "Jadi kami bisa melihat Indonesia di internet," tutur Osmera.

Kapten timnas U-17 Malaysia Muhammad Danish Darus juga menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap melawan Indonesia. "Kami akan mengikuti instruksi pelatih," ujar Danish. (*)

Sumber: