Game Edukasi Wordwall, Solusi Evaluasi Pembelajaran Daring yang Lebih Interaktif

Game Edukasi Wordwall, Solusi Evaluasi Pembelajaran Daring yang Lebih Interaktif

PENULIS: May Setiyani, S.Pd., guru SDN Ronggo 03 Kec. Jaken Kab. Pati-Istimewa-radartegal.com

PANDEMI Covid-19 telah berlangsung selama 1,5 tahun di Indonesia. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 kepada siswa, pemerintah mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring atau online.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru karena diharuskan untuk bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi dan dituntut untuk bisa berinovasi dalam membuat media pembelajaran, agar siswa dapat tetap aktif dan interaktif walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. 

Salah satu platform digital yang dapat membantu guru dalam menciptakan media pembelajaran interaktif adalah wordwall.

Wordwall adalah sebuah aplikasi gamifikasi digital berbasis web yang menyediakan berbagai permainan dan kuis yang dapat digunakan pendidik untuk memberikan peringkat materi. 

Aplikasi wordwall dapat menjadi wadah bagi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak akan merasa bosan dengan materi yang disampaikan, karena wordwall menyediakan template yang beragam. 

Selain itu, wordwall juga cocok untuk merancang evaluasi untuk menilai tingkat pemahaman siswa. 

Dengan menggunakan wordwall guru dapat membuat game edukasi untuk mengatasi kejenuhan siswa selama mengikuti pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam menerima materi pembelajaran.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi wordwall, yaitu: 

1). Kunjungi website https://wordwall.net, dari halaman ini kita bisa mendaftar akun dengan cara klik “sign up” kemudian ada pilihan mau mendaftar dengan sign in google atau mengisikan  email, password, konfirmasi password, dan lokasi kemudian klik sign up.

2). Setelah berhasil mendaftar, pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan. 

3). Setelah memilih satu template, masukkan judul kegiatan dan deskripsinya.

4). Ketikkan soal dan pilihan jawaban yang sudah dibuat sebelumnya, bisa juga menambahkan gambar untuk soal dan pilihan jawaban. Jangan lupa untuk memberikan kunci jawaban dengan cara mengeklik tanda silang pada pilihan jawaban yang benar, sehingga berubah menjadi tanda centang.

5). Setelah semua soal dan kunci jawaban diketikkan, klik “Done”, kemudian kita bisa mengatur peraturan permainannya.

6). Setelah selesai semua, klik “Share”, jika permainan tersebut untuk siswa, maka pilih “My Student” lalu klik “Start”, lalu copy link yang sudah disediakan.

Sumber: radartegal.com