Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Audio Visual

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Audio Visual

PENULIS: Sutiyani, S.Pd, SDN Medani 01 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati--

PADA masa pandemi Covid-19, pemanfaatan media teknologi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Selain itu, guru mampu bersaing dengan penggunaan teknologi yang sedang berkembang. 

Kurangnya pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran daring menjadikan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. 

Pembelajaran berjalan efektif dapat dilihat dari tingkat respon peserta didik dalam pembelajaran. 

Terbatasnya ruang tatap muka antara pendidik dan peserta didik pada masa pandemi mengharuskan pembelajaran hanya dilaksanakan dengan memanfaatkan media komunikasi yang ada. 

Oleh karena itu, guru diharapkan mampu menghadirkan teknologi yang menarik dalam pembelajaran secara daring. Pemilihan audio visual diharapkan mampu menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Menurut Wina Sanjaya, (2014:118), media audio visual adalah jenis media yang mengandung unsur suara dan unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, film dan lain sebagainya. 

Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran secara daring diharapkan mampu menyampaikan pesan pembelajaran ke indera pendengaran (audio) dan indera penglihatan (visual) untuk mendapatkan umpan balik (feed back) dari siswa dan untuk kemajuan belajar siswa. 

Media audio visual dapat digunakan guru untuk menarik perhatian dan motivasi siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Audio dapat dijadikan sebagai penunjang atau alat bantu dalam proses pembelajaran. (*)

PENULIS: Sutiyani, S.Pd, SDN Medani 01 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Sumber: