DPRD Brebes Ingatkan Bupati Terkait Wacana Rotasi Pejabat Eselon II

DPRD Brebes Ingatkan Bupati Terkait Wacana Rotasi Pejabat Eselon II

Ketua Komisi I DPRD Brebes Heri Fitriansyah-Istimewa-

BREBES, radartegal.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes telah menerima rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait rotasi sembilan pejabat eselon II di daerah setempat. Terkait hal itu, DPRD Kabupaten Brebes mengingatkan Bupati sebagai kepala daerah harus sesuai aturan terkait rencana rotasi tersebut 

 

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, rotasi sejumlah pejabat eselon II itu, merupakan bagian dari rencana Pemkab Brebes untuk menerapkan aturan. Karenanya, dirinya meminta dalam proses rotasi jabatan itu, harus bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, salah satunya praktik jual beli jabatan. 

 

"Jadi sesuai agenda Pemkab Brebes, assesment ini telah dilaksanakan pada Juli lalu, dan tindaklanjutnya melalui rotasi yang akan segera dilaksanakan ini," ujarnya, Selasa 23 Agustus 2022. 

 

Dijelaskannya, setiap pejabat yang telah menduduki jabatannya lebih dari dua tahun dilakukan assesment. Hal itu dilaksanakan sebagai evaluasi terhadap kinerja mereka. Jika diketahui kinerjanya baik maka perlu dipertahankan, tetapi jika kinerjanya jelek maka perlu di rotasi. 

 

Kendati begitu, dirinya mewanti-wanti Bupati yang dibantu panitia seleksi (Pansel) maupun pejabat yang berwenang lainnya, dalam rotasi itu harus berpegangan terhadap Right Man On The Right Palace atau seseorang yang mempunyai kemampuan dan pengalaman ditempatkan pada posisi yang tepat. Sehingga efektifitas dilakukannya rotasi berjalan dengan baik. 

 

Terkait potensi korupsi melalui jual beli jabatan dan nepotisme, lanjutnya, semua itu kembali kepada kepala daerah. Artinya, jika kepala daerah mempunyai komitmen terhadap efektivitas jabatan tanpa harus ada jual beli, tentu tidak akan terjadi. 

 

"Yang kami harapkan seperti itu. Jadi kami ingatkan sebagai kepala daerah bentul-bentul menempatkan seseorang harus sesuai kompetensi dan kemampuannya," tegasnya 

 

Sumber: