20 Peserta Bersaing di Grand Final Duta GenRe Kabupaten Tegal 2022

20 Peserta Bersaing di Grand Final Duta GenRe Kabupaten Tegal 2022

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie-Humas Pemkab Tegal-radartegal.com

SLAWI, radartegal.com – Sebanyak 20 peserta remaja putra dan putri bersaing di ajang Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tegal 2022 di Pendopo Amangkurat, Sabtu, 13 Agustus 2022 pagi. 

Pada kesempatan tersebut, Khanif Wicaksono, pelajar SMA Negeri 3 Slawi dan Salma Danish Ara Prasodjo dari MAN 1 Tegal berhasil menjuarai ajang tahunan ini dan berhak mewakili Kabupaten Tegal maju ke ajang Pemilihan Duta GenRe Jawa Tengah 2023.

Duta Generasi Berencana (GenRe) penting sebagai influencer dan motivator dalam meningkatkan ketahanan remaja dan pembinaan remaja, salah satunya mengajak teman sebaya mendewasakan usia perkawinan. Pesan ini disampaikan Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie usai membuka acara tersebut.

“Sosialisasi dan promosi di kalangan remaja ini penting untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Tujuannya supaya remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikannya secara terencana, mampu berkarir dalam pekerjaan dan menikah sesuai siklus kesehatan reproduksi,” kata Ardie.

Ardie menuturkan, pemilihan duta GenRe tidak hanya berhenti sebatas ajang kompetisi atau seleksi saja. Harus ada aktualisasi di kehidupan nyata lingkungan remaja, memberi warna perubahan ke arah yang lebih baik.

“Duta GenRe harus terus bergerak, berdaya, berkolaborasi dalam karya meskipun hanya setahun menjabat, tapi seumur hidup menginspirasi,” kata Ardie.

Sehingga duta GenRe harus bisa menjadi contoh bagi remaja lain untuk membentengi diri dari dampak negatif teknologi dan informasi seperti peredaran hoaks, ujaran kebencian maupun persekusi, termasuk penyalahgunaan narkoba hingga pergaulan tidak sehat yang menjurus pada perilaku seks bebas.

Di tempat yang sama, Bunda GenRe Sisca Zulistia Ardie berharap, para dinalis duta GenRe ini bisa terjun ke masyarakat secara langsung, menjalankan perannya sebagai pendidik dan konselor sebaya melalui pengembangan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R).

“Saya harap nantinya Duta GenRe dapat berperan aktif melaksanakan aksi dan tindakan langsung di lapangan, mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan remaja kita. Besar juga harapan saya, duta GenRe Kabupaten Tegal sukses sampai ke tingkat nasional,” pesan Sisca.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal Khofifah selaku ketua penyelenggara menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan potensi dan kreativitas remaja melalui program Bangga Kencana.

Ajang pemilihan ini, sambung Khofifah, adalah ruang untuk memberikan apresiasi kepada para remaja yang telah menjalankan perannya dengan baik dan berkomitmen tinggi memajukan PIK-R dan program pembinaan ketahanan remaja. 

Di samping pula meningkatkan promosi GenRe melalui jaringan komunikasi media sosial yang relevan dan ramah remaja.

“Harapannya para finalis dan pemenang duta GenRe dapat menjadi panutan dan contoh para remaja lainnya untuk aktif dan berkarya serta meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja melalui pemanfaatan media ramah remaja,” jelasnya. (*/ima)

Sumber: radartegal.com