Iklan sukun new

Jalan Penghubung Tujuh Desa di Paguyangan Rusak, Pemkab Brebes Bakal Skemakan Perbaikan Secara Bertahap

Jalan Penghubung Tujuh Desa di Paguyangan Rusak, Pemkab Brebes Bakal Skemakan Perbaikan Secara Bertahap

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES- Ruas jalan penghubung beberapa desa menuju Kaligua di Kecamatan Paguyangan saat ini kondisinya rusak. Bahkan, ruas jalan sepanjang 11,4 kilometer (KM) menuju Kaligua rusak parah sehingga memicu banyak kecelakaan. 

 

Informasi yang diterima, ruas jalan yang rusak tersebut tersebar di beberapa titik. Di antaranya di station (STA-red) 2-3, STA 4-7,1, STA 8,5-12 dan sisanya ujung STA 14,2-14,5. Sedangkan, ruas jalan yang sudah diperbaiki permanen dengan rijit beton hanya 2,6 KM. 

 

Salah seorang warga Dukuh Sijampang Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan M. Rihelut Ubaidillah mengatakan, kondisi jalan rusak tersebut kurang lebih sudah lima tahun tidak ada perbaikan. 

 

Kondisi jalan rusak tersebut melumpuhkan semua mobilitas masyarakat di tujuh desa di ruas jalan tersebut. Ketujuh desa itu yakni Desa Taraban, Kretek, Wanatirta, Ragatunjung, Cipetung, Pandansari dan Desa Wanarja. 

 

"Selain memicu kecelakaan tunggal akibat jalan rusak, akses perekonomian hingga pendidikan juga sangat terganggu. Kondisi terparah, terjadi mulai pertigaan hingga Dukuh Sijampang yang tersebar di empat titik," ujarnya, Senin (11/7). 

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Dion (38) warga Desa Pandansari. Kerusakan jalan tersebut sangat mengganggu aktivitas masyarakat, salah satunya akses pendidikan. 

 

Terlebih, sekolah maksimal di wilayahnya hanya jenjang SMP sehingga untuk SMA harus turun ke Purwokerto dan Bumiayu. 

 

Sumber: