Ganjar Pranowo Luncurkan Pembayaran Retribusi Nontunai di Obyek Wisata Guci

Ganjar Pranowo Luncurkan Pembayaran Retribusi Nontunai di Obyek Wisata Guci

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan pembayaran retribusi masuk nontunai di Obyek Wisata Guci secara virtual. 

Bupati Tegal Umi Azizah langsung mencoba menerapkan pembayaran nontunai pada orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut. 

Umi Azizah, Rabu (17/3) mengatakan, selesai diresmikan oleh gubernur, dirinya langsung mencoba penerapan pembayaran nontunai kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu. Meski dilakukan secara virtual, gubernur masih dapat melakukan transaksi seolah-olah menjadi pengunjung Obyek Wisata (OW) Guci.

"Transaksi gubernur  yang berjumlah lima orang total biaya masuk Rp51.000,” katanya. 

Penerapan pembayaran secara nontunai, tambah Umi Azizah, merupakan pesan motivasi dan semangat dari gubernur dalam mewujudkan Jawa Tengah yang berintegritas, mboten korupsi, mboten ngapusi. Karena sistem nontunai atau cashless ini dapat menekan kebocoran penerimaan retribusi dan mencegah terjadinya praktik yang tidak terpuji yang dapat terjadi di mana saja.

"Harapan saya dengan hadirnya teknologi ini yang disertai sistem pengawasan dan pengendalian yang memadai serta didukung edukasi yang baik kepada wisatawan semakin meminimalisir praktik merugikan keuangan pemda,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi penerapan pembayaran nontunai yang dilakukan OW Guci. Dirinya berharap agar semua destinasi wisata di Jawa Tengah dapat menerapkan hal serupa. 

"Semoga destinasi wisata, baik wisata belanja maupun rumah makan di Jawa Tengah dapat menerapkan pembayaran secara nontunai," harapnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, penerapan pembayaran nontunai juga menjadi adaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19. Karena dengan pembayaran nontunai maka mengurangi sentuhan langsung dan mengurangi risiko penularan Covid-19. (guh/ima)

Sumber: