Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Delapan Tenaga Kesehatan di Kota Tegal Alami KIPI

Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Delapan Tenaga Kesehatan di Kota Tegal Alami KIPI

Delapan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Tegal mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), usai disuntik vaksin Covid-19. Namun, gejala yang mereka rasakan tergolong ringan, sehingga langsung bisa diatasi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan capaian vaksinasi covid-19 mencapai 64,48 persen. Dari jumlah sasaran, sebanyak 2.017 nakes telah di vaksin, sedangkan 280 orang ditunda dan 407 lainnya ekslusi. 

"Kalau kemarin tenaga kesehatan semua diusulkan. Padahal mereka ada yang komorbid, penyintas, sedang hamil. Sehingga tidak bisa 100 persen," katanya. 

Menurut Prima, selama pelaksanaan vaksinasi tahap 1 penyuntikan pertama secara umum berjalan cukup baik. Meski begitu, ada delapan orang tenaga kesehatan yang mengalami KIPI ringan. 

"Ada delapan orang yang mengalami KIPI. Tetapi termasuknya ringan sehingga bisa diatasi," ujarnya. 

Saat ini, kata Prima, pihaknya tengah melakukan penyuntikan kedua dengan sasaran yang sama. Sedangkan untuk tahap II belum tahu waktu dan jumlahnya. 

"Diperkirakan Februari atau awal Maret. Saat ini kita masih melakukan pendataan," tandasnya. 

Prima menambahkan sebenarnya semua masyarakat akan di vaksin secara keseluruhan. Namun, ada skala prioritas, sehingg untuk tahap II nanti sasarannya, TNI-Polri, ASN, DPRD dan semua pelayanan publik. (muj/zul)

Sumber: