Hadapi Pandemi, Prajurit Kodim 0712/Tegal Diminta Menjaga Hubungan Baik dengan Tuhan

Hadapi Pandemi, Prajurit Kodim 0712/Tegal Diminta Menjaga Hubungan Baik dengan Tuhan

Pakar Komunikasi dan Motivasi Nasional Dr Drs Aqua Dwipayana MIKom memberikan tips menghadapi pandemi Covid-19 kepada prajurit Kodim 0712 Tegal. Salah satu langkahnya adalah menjaga hubungan baik dengan Tuhan. 

Aqua Dwipayana, Sabtu (30/1) meminta anggota TNI tetap produktif dan menghasilkan kinerja terbaik meski di masa pandemi Covid-19. Upayanya mengoptimalkan waktu untuk terus berbuat baik hingga memaknai pekerjaan karena ibadah. 

Selain menjaga hubungan dengan Tuhan, TNI juga harus menjaga hubungan dengan manusia. Caranya, menjaga perilaku hingga tutur kata yang baik kepada masyarakat saat bertugas.

"Kuncinya hidup bahagia, yaitu cintai diri sendiri, lakukan hal-hal terbaik, selalu memaafkan, jangan menyakiti orang lain dan selalu berpikir positif," katanya.

Dengan cara itu, tambah Aqua Dwipayana, akan tetap produktif dan menghasilkan kinerja terbaik pada tahun 2021, meski masih pandemi Covid-19. 

Prajurit juga harus melakukan komunikasi Reach plus AC dalam menyukseskan tugas yaitu Respect menghormati orang lain, Empathy selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain, Audible dapat didengar atau dipahami dengan baik, Clarity gunakan kalimat sederhana secara terbuka, Humble rendah hati dan tidak sombong, Action dan Consistency melaksanakan aksi nyata dan konsisten. 

Di masa pandemi Covid-19, dirinya juga meminta para prajurit TNI untuk disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar menuturkan, kegiatan ini adalah upaya memotivasi prajurit Kodim Tegal dilakukan agar dalam masa pandemi Covid-19 agar tetap bisa produktif. 

Seharusnya motivasi yang disampaikan oleh Aqua Dwipayana, bisa melibatkan semua prajurit, Persit dan masyarakat umum. Namun, karena masa pandemi sehingga hanya perwakilan dari setiap Koramil. (guh/ima)

Sumber: