Pandemi Bikin Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tegal Meningkat 8,14 Persen

Pandemi Bikin Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tegal Meningkat 8,14 Persen

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal menunjukan angka kemiskinan di Kabupaten Tegal 2020 lalu, naik menjadi 8,14 persen. Tahun sebelumnya, angka kemiskinan hanya 7,64 persen. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tegal, Supriyadi, Kamis (31/12) mengatakan meski begitu perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tegal malah meningkat sebesar 68,39 persen.

Ini, menurutnya, tidak terlepas dari berkolaborasi dalam mengawal dana desa yang ada, APBD yang efektif, efisien, dan fokus serta banyaknya inovasi dan kreatifitas masyarakat di era teknologi informasi.

"Namun masih ada evaluasi besar bagi kita bersama. Bagaimana mengatasi kedalaman kemiskinan agar yang rentan miskin tidak semakin banyak masuk ke jurang kemiskinan," katanya. 

Dari sisi kualitas manusia, tambah Supriyadi, pandemi covid-19 menjadi pukulan yang sangat berat bagi masyarakat. Semua harus bekerja extraordinary untuk menjaga daya beli masyarakat.

Terkait derajat kesehatan, Supriyadi meminta untuk terus dijaga agar angka kematian bayi, angka stunting, angka kesehatan ibu dan remaja bisa lebih baik. "Derajat Pendidikan terus kita genjot agar bisa menghasilkan SDM berkualitas melui berbagai program pendidikan,” tambahnya. 

Terkait hal tersebut, lanjut Supriyadi, mendasari Pasal 274 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah disebutkan bahwa perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada dara dan informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah.

Artinya, ketersediaan data dan informasi yang akurat dan akuntabel mutlak diperlukan. Karena dukungan data dan informasi akan mempertajam dan memperjelas arah kebijakan pembangunan daerah. Termasuk merumuskan langkah-langkah strategis penyelenggaraan fungsi pemerintajan daerah.

Data dan informasi juga diperlukan sebagai bahan evaluasi dan penilaian kinerja pembangunan daerah dan bahan masukan dalam penyusunan berbagai dokumen perencanaan daerah.

Sehubungan dengan pentingnya data, BPS telah melaksanakan Sensus Penduduk 2020 yang berbasis pada database kependudukan dari Dirjendukcapil. Selain Sensus Penduduk 2020, BPS juga diwajibkan merilis data Kabupaten Tegal dalam angka pada 26 Februari 2021 melalui website BPS Kabupaten Tegal.

Ini merupakan janji kepada publik di era keterbukaan informasi. Penyediaan data sektoral menjadi kewajiban Pemda dalam mewujudkan Satu Data Indonesia.

Kepala BPS Kabupaten Tegal, Jamaluddin menyampaikan, pendataan lengkap di tahun 2020 bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik menuju satu data kependudukan Indonesia.

Dari Sensus Penduduk 2020 yang telah dilaksanakan, BPS Kabupaten Tegal memperoleh beberapa hasil data kemiskinan, indeks pembangunan manusia, usia harapan hidup hingga jumlah pengeluaran per kapita.

Rencananya, BPS juga akan melakukan pendataan kembali di tahun 2021 dengan tujuan mengumpulkan data terkait parameter demografi dan karakteristik lainnya untuk proyeksi penduduk, indikator SDGs dan RPJMN.

Sumber: