Wow! Stasiun Tegal Layani Rapid Test dengan Biaya Hanya Rp105 Ribu

Wow! Stasiun Tegal Layani Rapid Test dengan Biaya Hanya Rp105 Ribu

Para calon penumpang kereta api (KA) untuk perjalanan jarak jauh, diwajibkan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. Karenanya, PT KAI menyediakan layanan rapid test antigen di sejumlah stasiun salah satunya di Tegal.

Berdasarkan rilis dari VP Public Relations KAI Joni Martinus disebutkan, sejak 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif. Itu sebagai syarat untuk naik kereta api.

Aturan itu sesuai dengan surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3/2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Nataru. Serta SE Kemenhub 23/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Disebutkan pula, sebagai peningkatan pelayanan kepada para calon pelanggan, KAI menyediakan layanan rapid test antigen di sejumlah stasiun. Di antaranya, di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi.

Masih berdasarkan rilis, dikarenakan proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama, maka calon pelanggan diminta menyiapkan waktu yang cukup. Masyarakat yang ingin menggunakan layanan itu diimbau untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan.

Humas Daop IV Semarang Krisbiantoro saat dikonfirmasi membenarkannya. Menurutnya, pelayanan rapid test sudah ada di Stasiun Tegal sejak Selasa (22/12) kemarin. 

"Untuk biaya rapid test yang dikenakan sebesar Rp105.000," katanya. (muj/ima)

Sumber: