Gawat! Hampir 50 Persen OPD di Kabupaten Tegal Terpapar Covid-19

Gawat! Hampir 50 Persen OPD di Kabupaten Tegal Terpapar Covid-19

Pemkab Tegal diminta lebih serius dalam menangani penyebaran virus corona di Kabupaten Tegal. Karena hingga saat ini, hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Tegal sebagian Aparat Sipil Negara (ASN)-nya terpapar Covid-19.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Haji Khaeru Sholeh SH MH, Kamis (17/12) mengatakan, di lingkungan Sekretariat Pemkab Tegal saja sudah banyak pegawai negeri yang terkena Covid-19. Sehingga Pemkab Tegal harus lebih ekstra ketat dalam menerima tamu dari luar. Khususnya yang masuk ke kantor sekretariat, harus melalui pemeriksaan. 

"Memang selama ini pos jaga depan sudah melakukan pemeriksaan dan cek suhu ada apa. Tapi ternyata masih kebobolan dengan banyaknya pegawai negeri yang kena Covid-19," katanya.

Belum lagi OPD di luar lingkungan Pemkab Tegal, tambah Haji Khaeru Soleh SH MH, di Dinas Dukcapil informasinya lebih dari 10 pegawai negerinya yang terkena Covid-19. Demikian juga di Dinas Perhubungan, pegawai di sana lebih dari 15 yang terkena Covid-19. Di samping itu, pegawai negeri di bawah naungan Dinas Kesehatan juga banyak yang terkena Covid-19. 

"Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan beberapa dinas lainnya juga pegawainya terpapar Covid-19. Ini harus segera disikapi agar tidak mengganggu pelayanan," tambahnya.

Komisi I DPRD Kabupaten Tegal, lanjutnya, meminta Pemkab Tegal dan tim gugus tugas lebih aktif lagi. Bukan saja sosialisasi memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Dari para medis juga melakukan 3 T, pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment). Hal ini penting dilakukan agar penyebaran virus corona dapat ditekan. (guh/ima)

Sumber: