Sukmawati Harus Buktikan secara Ilmiah Ideologi PKI itu Pancasila, Wasekjen PA 212: Bukan Konon Katanya, Apala

Sukmawati Harus Buktikan secara Ilmiah Ideologi PKI itu Pancasila, Wasekjen PA 212: Bukan Konon Katanya, Apala

Pernyataan Putri Presiden pertama Indonesia, Sukmawati Soekarnoputri yang menyebut Partai Komunis Indonesia (PKI) menganut ideologi Pancasila terus memancing komentar bergabai pihak. 

Wasekjen DPP PA 212, Novel Bamukmin meminta pernyataan Sukmawati itu harus dibuktikan secara ilmiah. Sebab, faham PKI itu jelas bertentangan dengan butir-butir pancasila.

“Sukmawati harus bisa buktikan secara ilmiah bahwa ideologinya PKI itu Pancasila berdasarkan data yang ada. Bukan konon katanya, apalagi dari sumber yang sudah mati orangnya,” kata Novel saat dihubungi PojokSatu.id, Kamis (1/10).

Novel menyebut, Sukmawati memang merupakan sosok yang kerap bertentangan dengan Islam. Bahkan, putri Soekarno ini juga kerap melakukan penistaan agama.

Sayangnya, kasus penistaan agama yang dilakukan Sukmawati itu tak pernah diproses oleh penegak hukum. Tercatat, kata Novel, Sukmawati dua kali dipolisikan.

“Padahal, Pancasila yang pertama Ketuhanan yang Maha Esa dengan agama apapun itu tidak boleh dinistakan,” tegasnya.

Karena itu, anak buah Habib Rizieq ini menilai, Sukmawati harus segera ditangkap. Pasalnya pernyataannya itu jelas bertentangan dengan Pancasila.

“Maka aparat sudah bisa menangkap Sukmawati karena Pancasilanya diduga sudah menjadi ekasila yang bisa diterima PKI,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sukamawati Soekarnoputri mengatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) tak menolak ideologi Pancasila. Sukmawati bahkan menyebut PKI menganut ideologi Pancasila.

Pernyataan itu disampaikan Sukmawati dalam acara ILC bertajuk ‘Ideologi PKI Masih Hidup’, Selasa (29/9). Menurut Sukmawati, PKI di Indonesia berbeda dengan partai komunis di Uni Soviet dan China pada masa itu.

Ideologi yang diterapkan Uni Soviet dan China, disebut Sukmawati memang bersumber dari komunisme. Tepatnya komunisme dengan sistem partai tunggal.

“Setahu saya, menurut senior-senior dari tokoh PNI, waktu itu yang memberikan info ataupun ilmu kepada saya. Mereka mengatakan PKI itu tidak menolak Pancasila,” kata Sukmawati.

“Jadi PKI ideologi apa sih? Sebetulnya ideologinya Pancasila. Itu dari tokoh senior yang sudah tiada. Jadi kenapa jadi masalah? PKI itu ideologinya Pancasila,” lanjut dia. (pojoksatu/zul)

Sumber: