Mengeluh Demam dan Sesak Napas, Kades di Brebes Terkonfirmasi Positif Covid-19

Mengeluh Demam dan Sesak Napas, Kades di Brebes Terkonfirmasi Positif Covid-19

Salah seorang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Brebes terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Yang bersangkutan saat ini sudah mendapatkan perawatan di RSUD Kabupaten Brebes.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, kebenaran itu setelah yang bersangkutan dilakukan uji swab di RSUD Brebes. Saat itu, kades Kalimati mengeluh demam dan sesak napas.

"Sebetulnya beliau sudah sebulan yang lalu sakit dan sembuh. Seminggu terakhir ini beliau demam batuk dan sesak napas dan dibawa ke RSUD Brebes, dilakukan swab hasilnya positif," ungkapnya.

Imam menjelaskan, saat ini kades tersebut sudah mendapatkan perawatan dari tim medis di RSUD Brebes. Untuk pencegahan penularan, kata dia, pihak puskesmas sudah melakukan tracking di kantor desa maupun orang yang kontak erat dengan pasien.

"Sedang dilakukan tracking kontak erat oleh Puskesms Kalimati. Ini sebagai upaya pencegahan penularan ke yang lain," jelasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kalimati Amin Sugiarto mengatakan, pihaknya sudah melalukan tracking jauh sebelum pasien dinyatakan positif Covid-19. Sedikitnya ada 15 aparatur desa yang sudah dilakukan uji swab.

"Untuk hasilnya, belum keluar. Sebab, kita langsung kirim ke Semarang," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telpon genggamnya.

Diceritakannya, kondisi saat ini pasien sudah dalam kondisi yang lebih baik.

"Terakhir tadi saya kontek-kontek, beliau sudah membaik. Semoga Pak Kades bisa cepat sembuh dan diperbolehkan pulang," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: