Edhy Prabowo Sebut Sektor  Perikanan Tetap Berjaya Meski Pandemi Covid-19

Edhy Prabowo Sebut Sektor  Perikanan Tetap Berjaya Meski Pandemi Covid-19

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di wilayah Kota Tegal tepatnya di Pelabuhan Jongor Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat pada Selasa (7/7) siang. Dalam kunjungannya kali ini dirinya menyempatkan diri berdialog dengan perwakilan nelayan.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Forkopimda Kota Tegal serta pejabat lainnya. 

Ketua HNSI Riswanto menyampaikan apresiasi karena nelayan cantrang sudah boleh melaut. Sebelumnya, memenuhi sejumlah persyaratan hingga diterbitkannya surat izin melaut.

"Kami berharap alat tangkap cantrang dapat dilegalkan secara nasional. Sehingga kami bisa mencari ikan dengan tenang," katanya.

Kemudian, kata Riswanto, kondisi pelabuhan saat ini sudah tidak bisa menampung kapal. Apalagi PT Pelindo akan menjadikan salah satu pelabuhan menjadi umum sehingga kapal nelayan tidak bisa bersandar di sana. 

"Karenanya, kami berharap adanya pengembangan Pelabuhan Perikanan ini agar bisa menampung kapasitas kapal. Kami juga meminta pemerintah bisa menyerap hasil tangkapan sehingga harga tidak anjlok," jelasnya.

Menteri KKP Edhy Prabowo mengucapkan terima kasih kepada wali Kota Tegal, karena Kota Tegal berhasil menjadi zona hijau Covid-19. Dirinya berharap agar itu menjadi kunci dan menjadi sukses story bagi daerah lain.

Di masa pandemi ini, kata Edhy, sektor perikanan tetap berjaya. Dirinya mencontohkan pabrik pembuat jala di Cirebon, permintaannya malah meningkat. 

Sementara terkait masalah keberangkatan para nelayan ke Natuna, Edhy meminta para nelayan tetap semangat dan jangan menyerah. 

Dirinya menambahkan, aspirasi yang disampaikan akan ditindaklanjuti dengan dikoordinasikan dengan jajarannya. Sehingga bisa dicarikan solusi yang terbaik. (muj/ima)

Sumber: