Meski Tengah Pandemi Covid-19, TMMD Sengkuyung II Tetap Berjalan 

Meski Tengah Pandemi Covid-19, TMMD Sengkuyung II Tetap Berjalan 

Sejumlah sarana infrastruktur desa yang dibangun lewat Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II resmi diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Tegal. Penyerahan ini dilakukan oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal Mayor Infanteri Ahmad Aziz kepada Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie.

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Sabtu (4/7) mengatakan, dirinya  menyampaikan apresiasi atas sarana infrastruktur yang berhasil dibangun lewat Program TMMD. Terlebih dalam proses pengerjaannya melibatkan unsur TNI-Polri yang manunggal bersama rakyat. Dirinya meminta masyarakat agar bisa menjaga dan memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.

 “Di sinilah kebersamaan itu dibangun, kita sinergikan mulai dari tingkat desa dengan dukungan kekuatan TNI-Polri dan juga Pemkab Tegal," katanya.

Sehingga, tambah Sabilillah Ardie, sekalipun dihadapkan pada situasi pandemi, program ini tetap bisa berjalan. Untuk itu, dirinya minta kepala desa setempat bersama warganya bisa memelihara hasil pembangunan ini.
Karena pelaksanaan Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Muncang Larang Kecamatan Bumijawa ini sendiri sudah dimulai sejak Selasa (9/6) dan berakhir pada Senin (29/6) lalu. 

"Adapun sumber pendanaan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp132,5 juta dan APBD Kabupaten Tegal sebesar Rp400 juta," tambahnya.

Melalui pendanaan tersebut, lanjut Sabilillah Ardie, sejumlah prasarana fisik berhasil dibangun, antara lain saluran air sepanjang 188 meter, pengerasan jalan makadam sepanjang 488 meter dengan lapisan penetrasi dan sandsheet sepanjang 696 meter.

Tak hanya fokus pada kegiatan pembangunan prasarana fisik, pelaksanaan Program TMMD ini juga menyasar aktivitas nonfisik seperti penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, bela negara, penanggulangan kenakalan remaja, bahaya narkoba, Program Keluarga Berencana (KB), kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Mayor Infanteri Ahmad Aziz yang hadir mewakili Komandan Kodim 0712/Tegal mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Tegal dan masyarakat Desa Muncang Larang yang telah mendukung pelaksanaan program TMMD Sengkuyung, sehingga bisa berjalan lancar.

"Semoga prasarana fisik dan bina mental yang dibangun lewat TMMD Sengkuyung ini bermanfaat. Menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kemajuan desa. Ke depan, TNI akan terus berbakti kepada masyarakat, bangsa dan negara melalui program kemanunggalan TMMD ini," tambahnya.

Dirinya berharap masyarakat bisa ikut menjaga apa yang telah dibangun bersama agar manfaatnya berkelanjutan.
(guh/ima)

Sumber: