Tembakau Gorila Marak Dijual Online, Wali Kota Tegal Dedy Yon Minta Segera Antisipasi

Tembakau Gorila Marak Dijual Online, Wali Kota Tegal Dedy Yon Minta Segera Antisipasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal meminta semua pihak untuk mengantisipasi transaksi tembakau gorila. Pasalnya, narkoba jenis baru itu diperkirakan telah merambah pasaran secara online.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, pihaknya berharap sinergitas antara 4 daerah di Pantura Barat. Sebab, dirinya menduga, tembakau gorila dimulai dari wilayah barat.

"Saat ini, kita perlu bersinergi untuk mencegah peredaran narkoba termasuk tembakau gorila di 4 wilayah," katanya.

Untuk itu, kata Dedy Yon, perlu adanya pengawasan dan antisipasi, termasuk secara online. Sebab, saat ini penyebaran tembakau gorila itu sudah mulai merambah di dunia maya dan pengiriman paket.

"Karenanya, kami berharap pengiriman paket harus betul-betul ada sensor dan diperiksa sebelum diterima oleh pemesan," ujarnya.

Selain itu, ujar Dedy Yon, sasaran penyebaran barang haram itu juga perlu diwaspadai. Saat ini, sudah menyasar pelajar di SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

"Karenanya, kami berharap ada konseling pendidikan di SMP, SMA sampai perguruan tinggi," katanya. 

Menurut Dedy, untuk terkait tindakan pencegahan, tidak bisa petugas bekerja sendiri. Stakeholder harus punya jaringan informasi. Sebab, keberhasilan penangkapan bandar dan pemakai terutama dari informasi masyarakat. 

"Kami berharap Kota Tegal betul-betul aman. Sebab pusat hiburan, di mana tiga daerah datang ke Kota Tegal. Tempat hiburan harus steril jangan sampai ada penyebaran di tempat hiburan," tegasnya.

Dedy menambahkan, penyalahgunaan narkotika merupakan kejahatan serius luar biasa yang dapat menghancurkan bangsa. Karenanya, dirinya ngajak semua aparat penegak hukum menindak tegas pengedar narkoba dan masyarakat bisa berpartisipasi dalam pemberantasannya. (muj/ima)

Sumber: