Ikon Kuliner Telur Asin Brebes, Punya Rasa Khas yang Banyak Diminati Pelancong

Sabtu 20-07-2024,19:21 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Nabila Fitri Amelia

Hal ini dikarenakan Telur Asin Brebes menggunakan telur yang segar dan masih menggunakan proses pembuatan yang tradisional. Dengan menggunakan bumbu rempah-rempah alami. 

Proses pembuatan Telur Asin Brebes

Proses pembuatan Telur Asin Brebes ini cukup terbilang unik dan membutuhkan ketelatenan saat membuatnya. Tahap pertama telur bebek dicuci hingga bersih, kemudian telur bebek tersebut dilapisi dengan tanah liat dan abu secang yang telah diberi rempah-rempah asli.

Adonan ini berfungsi untuk menjaga rasa dan aroma telur asin. Setelah menjadi adonan telur di rendam menggunakan air garam serta diamkan selama 10-14 hari.

BACA JUGA: 10 Ragam Oleh-oleh Khas Tegal yang Tak Boleh Dilewatkan, Nomer 5 Otentik Banget

 

BACA JUGA: Wajib Coba, Ini 5 Oleh-oleh Khas Tegal, Pas Buat Oleh-oleh Keluarga di Rumah

Setelah proses tersebut selesai rebus telur dengan api kecil selama 1 jam, atau dengan cara dikukus selama 1 jam. Telur Asin tersebut siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Manfaat Telur Asin Brebes

Telur Asin Brebes mempunyai banyak manfaat, tidak hanya mempunyai rasa yang lezat. Telur Asin mempunyai kaya yang akan banyak protein, kalsium, vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh kita saat mengonsumsinya.

Telur Asin Brebes ini dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai lauk. Kini,  Brebes, Jawa Tengah merupakan surganya telur asin, yang menawarkan cita rasa yang lezat dan bergizi tinggi.

Dengan itu telur asin Brebes patut untuk dibanggakan dan dicobanya, dapat membawa sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di rantau. Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Telur Asin Brebes sebagai ikon Brebes dan membantu perekonnomian masyarakat.

Kategori :