H+3 Lebaran, Oleh-oleh Khas Brebes Diserbu Pemudik Arus Balik

H+3 Lebaran, Oleh-oleh Khas Brebes Diserbu Pemudik Arus Balik

Pemudik saat membeli oleh-oleh khas Brebes yang berada di sekitar Jalur Pantura Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - H+3 lebaran, sejumlah pemudik mulai kembali melakukan arus balik, Sabtu 13 April 2024. Terlihat, sejumlah tempat pusat oleh-oleh khas Brebes diserbu oleh para pemudik yang akan melakukan pemeriksaan jalanan arus balik ke daerah Jakarta dan sekitarnya.

Seperi di pusat oleh-oleh khas yang berada di jalur Pantura Brebes tepatnya di Kecamatan Wanasari diserbu pemudik. Salah satu oleh-oleh yang paling dicari yakni 'Telur Asin'.

Kebanyakan mereka (Pemudik) sengaja mampir untuk membalinya sebagai oleh-oleh. Bahkan, sejumlah pemudik rela mengantre untuk mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Brebes itu.

Salah seorang pemudik asal Tanggerang Heni menuturkan, setiap pulang ke Jawa dan ke Tanggerang pasti membeli oleh-oleh khas Brebes ini. Bahkan, hal ini dilakukannya setiap tahunnya.

BACA JUGA: Mengenal Telur Asin Khas Brebes, Inilah Sejarah dan Keunikannya

"Saat pulang kampung ke Jawa pasti mampir membeli oleh-oleh telur asin. Selain untuk dikonsumsi sendiri, telu asin juga akan dibakikan ke saudara dan tetangga angga sebagai oleh-oleh lebaran," ujarnya.

Sementara itu, pemilik toko sentra oleh-oleh khas Brebes Dhani Bagus Purnama menyampaikan, pihanya telah menyediakan stok telur asin selama arus mudik dan balik tahun ini. Di arus balik ini, para pemudik sudah banyak yang mampir untuk membeli.

Dhani menyampaikan, pembalin oleh-oleh khas Brebes ini mengalami peningkatan p njualan dibanding saat arus balik tahun lalu. Bahkan, sehari pihaonya bisa menjual puluhan ribu butir telur.

"Saat lebaran seperti ini kami menyiapkan puluhan ribu terlur dengan berbagai varian rasa setiap harinya," jelasnya.

BACA JUGA: Selain Telur Asin, Ini 4 Kuliner Khas Brebes yang Murah Meriah Bikin Segar Lidah dan Mengenyangkan

Varian rasa yang dimaksud, lanjutnya, ada yang telur asin original dan juga bakar. Bahkan, dia menambahkan, sejak sehari lebaran, penjualan telur asin di tokonya mengalami peningkatan.

"Setiap hari paling yidak empat puluh ribu butir telur asin habis laku terjual dibeli para pemudik," ucapnya.

Untuk harga satu butir telur berbagai varian, lanjutnya, dijual dengan hrga Rp6 ribu per butir. Selain telur asin, dirinya juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Brebes lainnya. Seperti kerupuk telu asin, bawang merah goreng khas Brebes, kerupuk rambak hingga banden presto. (*)

Sumber: