Ikon Kuliner Telur Asin Brebes, Punya Rasa Khas yang Banyak Diminati Pelancong

Sabtu 20-07-2024,19:21 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Nabila Fitri Amelia

radartegal.id- Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan bawang merahnya yang besar. Daerah ini juga terkenal dengan Telur Asin yang khas Brebes.

Telur Asin sendiri telah menjadi ikon kuliner daerah Brebes. Sehingga, banyak ditemukan di berbagai jalan pantura Kota Brebes memudahkan siapapun untuk mendapatkannya.

Makanan khas yang terbuat dari telur bebek ini,  mempunyai berbagai varian yang wajib dicoba. Yaitu varian Telur Asin varian original, bakar, rebus, dan pindang. Tinggal anda pilih sesuai selera anda.

Berikut ulasan mengenai Telur Asin khas Brebes yang menjadi incaran para wisatawan saat berada di daerah ini. Karenanya, simak baik-baik artikel berikut ini hingga tuntas agar mengetahui informasi selanjutnya.

BACA JUGA:  5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat, Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Brebes

BACA JUGA: Selain Telur Asin, Ini 4 Kuliner Khas Brebes yang Murah Meriah Bikin Segar Lidah dan Mengenyangkan

Sejarah Telur Asin Brebes 

Telur Asin Brebes mempunyai sejarah yang menarik untuk diulik. Produksi telur asin sendiri sudah ada sejak lama pada abad ke-16 yang terus dilakukan hingga saat ini.

Tradisi ini berawal dari para petani yang ingin mengawetkan telur bebek agar tidak basi. Telur yang di lapisi menggunakan tanah liat dan abu secang kemudian direbus.

Telur yang dihasilkan memiliki teksture yang lebih keras dan gurih serta tahan lama untuk disimpan. Seiring dengan berjalananya waktu, tradisi pembuatan telur asin di Brebes terus berkembang.

Hingga akhirnya kini menjadi ikon kuliner daerah Brebes. Bahkan saat ini sudah menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi masyarakat Brebes.

BACA JUGA: Selain Telur Asin, Ini 4 Kuliner Khas Brebes yang Murah Meriah Bikin Segar Lidah dan Mengenyangkan

BACA JUGA: Jejak Sejarah Telur Asin Brebes, Sisa Tradisi Tionghoa yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Ciri Khas Telur Asin Brebes

Telur Asin Brebes memiliki ciri khas dari telur asin yang lainnya, kuning  Telur Asin Brebes yang berwarna oren kemerahan. Mempunyai teksture yang lebih padat dan mempunyai rasa yang asin.

Kategori :