Menelusuri Jejak Sejarah Dan Mitos Rumah Peninggalan Belanda di Pagongan Tegal

Selasa 30-07-2024,19:14 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id- Ditengah hiruk pikuk Kota Tegal, Jawa Tengah, terdapat desa kecil yang bernama Desa Pagongan yang menyimpan jejak sejarah masa lampau dan mitos yang perlu di ulik. Di sana berdiri rumah-rumah peninggalan Belanda yang menjadi saksi bisu perjalanan perjuangan bangsa Indonesia.

Rumah ini dikenal dengan rumah peninggalan Belanda Pagongan, Tegal. Bangunan milik Kodim 0712 merupakan bukti nyata kolonialisme Belanda pada Indonesia di wilayah Tegal.

Mempunyai usia lebih dari satu abad dengan bangunan yang masih berdiri kokoh dengan arsitekturnya yang masih terawat dengan baik. Namun, dibalik itu semua, ada mitos yang berkembang di masyarakat. 

Berikut ulasan mengenai Sejarah dan Mitos Rumah Peninggalan Belanda di Pagongan, Tegal. Simak baik-baik artikel berikut ini dengan tuntas agar mengetahui informasi selanjutnya yang kami berikan.

BACA JUGA: Mitos Rumah Belanda di Dampyak Tegal, Konon Kerap Jadi Incaran Pemburu Wangsit

BACA JUGA: Rumah Belanda di Dampyak Tegal Terbengkalai Hingga Penampakannya Jadi Angker, Ternyata Ini Penyebabnya

Sejarah Rumah Peninggalan Belanda Pagongan

Rumah peninggalan Belanda dibangun saat masa penjajahan Belanda, pada sekitar abad ke-19. Rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal para pejabat Belanda yang bertugas di wilayah Tegal. Seiring berjalannya waktu rumah tersebut sebagai tempat tinggal masyarakat setempat.

Rumah Peninggalan Belanda saksi bisu Tegal

Rumah Peninggalan Belanda Pagongan menjadi saksi bisu perkembangan wilayah Tegal. Berbagai peristiwa sejarah telah terjadi pada bangunan Belanda ini, mulai dari masa penjajahan Belanda hingga kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Mitos yang beredar di masyarakat 

Mitos yang sering beredar di masyarakat adalah tentang penampakan sosok gaib di sekitar rumah. Konon, di sekitar rumah peninggalan Belanda, Pagongan sering terlihat perempuan Belanda berpakaian putih atau yang biasa di sebut dengan noni belanda.

Beberapa orang percaya bahwa mereka adalah arwah para penghuni lama rumah yang masih berdiri kokoh. Menurut masyarakat, ada beberapa yang kerap menampakan diri. 

BACA JUGA: Eksplorasi Rumah Belanda Dampyak Tegal, dari Segi Sejarah hingga Misteri yang Bikin Merinding

BACA JUGA: Sejarah dan Keunikan di Balik Rumah Belanda Terbengkalai di Dampyak Kabupaten Tegal

Kategori :