Mitos dan Makna di Balik Tradisi Sedekah Laut di Tegal, Tradisi yang Menyatukan Masyarakat dengan Alam

Kamis 11-07-2024,19:34 WIB
Reporter : Raihanaisya Jasmine Pangestika
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.id - Di Tegal, sudah tidak asing dengan tradisi tahunan yaitu 'Sedekah Laut'. Tradisi sedekah laut merupakan salah satu upacara adat yang paling dinantikan dan dijunjung tinggi oleh masyarakat Tegal.

Tradisi ini tidak hanya berfungsi sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah. Tetapi juga sebagai sarana untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan alam.

Sedekah laut di Tegal penuh dengan makna dan mitos yang mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat setempat. Mitos tersebut masih mengakar di masyarakat nelayan hingga saat ini.

Nah, bagi yang penasaran dengan sedekah laut, simak baik-baik artikel berikut ini hingga tuntas. Harapannya dapat memberikan informasi bagi Anda.


TEGAL - Tradisi Sedekah Laut yang Masih Dilestarikan--

BACA JUGA: Mengikuti Tradisi Sedekah Laut di Tegal, Perayaan Syukur di Tengah Laut yang Sudah Turun Temurun Dilakukan

BACA JUGA: Asal Usul dan Fakta Unik Tradisi Sedekah Laut di Jawa

Asal-Usul dan Sejarah Sedekah Laut

Sedekah laut telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat pesisir Tegal sejak berabad-abad yang lalu. Upacara ini bermula dari kepercayaan nenek moyang yang meyakini bahwa laut adalah tempat bersemayamnya roh-roh leluhur dan penguasa laut.

Oleh karena itu, masyarakat merasa perlu untuk memberikan sesaji sebagai bentuk penghormatan dan permohonan perlindungan dari marabahaya.  Menurut penuturan lisan yang diwariskan secara turun-temurun, sedekah laut pertama kali dilakukan oleh para nelayan.

Mereka merasakan betapa pentingnya menjaga hubungan baik dengan alam. Mereka percaya bahwa memberikan sesaji ke laut akan mendatangkan keberkahan dan menghindarkan mereka dari bencana. Hingga kini, tradisi ini tetap lestari dan terus dilakukan setiap tahun.

Pelaksanaan Upacara Sedekah Laut

Upacara sedekah laut di Tegal biasanya dilaksanakan pada bulan tertentu yang dianggap sakral. Umumnya setelah musim panen ikan yang melimpah.

 

BACA JUGA: Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

BACA JUGA: Asal Usul dan Fakta Unik Tradisi Sedekah Laut di Jawa

Persiapan upacara dimulai jauh-jauh hari, dengan seluruh masyarakat turut serta dalam berbagai kegiatan, mulai dari pembuatan sesaji hingga persiapan perahu hias.

Sesaji yang disiapkan meliputi berbagai macam makanan dan hasil bumi seperti nasi, buah-buahan, dan kue-kue tradisional. Juga terdapat kepala kerbau atau kambing yang dihias dengan daun-daunan dan bunga sebagai simbol penghormatan tertinggi.

Kategori :