Harga Emas Murni Sempat Naik Hingga Rp1,3 Juta per Gram, Warga Brebes Ramai-ramai Jual Perhiasan

Rabu 10-07-2024,12:43 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : Khikmah Wati

BREBES, radartegal.id - Harga emas murni sempat naik hingga Rp1,3 juta per gram. Buntutnya, sejumlah warga di Brebes ramai-ramai jual perhiasan di toko emas dan Pegadaian.

Wisri, 45, salah satu warga Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes mengaku sengaja membeli perhiasan emas untuk keperluan tunangan anaknya. Kali ini dia memborong emas perhiasan seberat 11 gram dengan harga sekitar Rp500 ribu tiap gramnya.

”Sekarang harganya mahal, sampai Rp500 ribu per gram. Dulu harganya Rp 300 ribuan," ungkapnya, Senin 8 Juli 2024.

Hal sama juga dilakukan Ratih, warga Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Bersama anaknya, dia membeli perhiasan cincin dan anting. 

BACA JUGA: Harga Emas Hari Ini Naik Atau Turun? Berikut Rincian Harganya di Awal Desember 2023

BACA JUGA: Investasi Masa Kini, Cek Harga Emas di Pegadaian Mulai 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Dia mengaku, harga perhiasan yang ia beli saat ini sudah mencapai Rp500 ribuan lebih, dan mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp300 ribu per gram.

"Dulu waktu saya beli itu masih Rp300 ribuan untuk satu gram. Sekarang sudah Rp500 ribu lebih," katanya.

Sementara itu, di Kantor Pegadaian Brebes terjadi peningkatan penjualan emas batangan sejak harga emas murni naik. Mulyadi, Kepala Biro Gadai Kantor Cabang Pembantu Pegadaian Brebes mengungkap, dalam sehari rata-rata dia kedatangan 100 orang yang akan menjual emasnya.

Dengan meningkatnya jumlah penjual seiring kenaikan harga emas murni, ia menyarankan agar pemilik emas tidak serta merta menjualnya. Mereka bisa mendapatkan uang dengan cara digadai hingga 90 persen dari nilai jual logam mulia. 

BACA JUGA: Harga Emas Hari Ini Kamis 10 Agustus 2023 di Pegadaian: Antam Alami Penurunan, Retro Naik dan UBS Naik Turun

BACA JUGA: Harga Emas Hari Ini Rabu 9 Agustus 2023 di Pegadaian: Antam, Retro, dan UBS Kompak Turun

Kenaikan harga emas murni ini tentunya membuat para pemilik toko emas atau Pegadaian menyiapkan dana segar untuk melayani para penjual atau yang akan gadai.

"Satu bulan kemarin banyak orang ambil terus jual, Sekarang sudah mulai masuk lagi di bulan Juli ini. Memang pengaruh emas luar biasa dampaknya, apalagi sekarang tinggi, Rp1,3 juta. Memang masyarakat penginnya jual, kita aktif sadarkan mereka, jangan jual tapi bisa digadai. Rata-rata orang yang jual emas itu per hari ada 100 orng," pungkasnya. 

Kategori :