6 Alasan Wajib Test Drive Mobil Bekas di Jalanan Menanjak, Hal-hal Ini Jadi Bisa Terlihat dan Dirasakan

Senin 17-06-2024,13:35 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

2. Ketahanan Rem 

Alasan wajib test drive mobil bekas di jalanan menanjak selanjutnya yaitu soal ketahanan remnya. Medan yang menanjak merupakan kesempatan yang baik untuk menguji ketahanan sistem rem mobil. 

Anda jadi bisa melihat seberapa baik rem bekerja saat kondisi beban maksimum ketika menanjak. Perhatikan apakah rem tahan panas dengan baik dan ada gejala gesekan atau suara tidak biasa saat pengereman.

3. Performa Suspensi dan Kemudi 

Tips membeli mobil bekas selanjutnya dengan mengecek performa suspensi dan kemudi. Jalanan menanjak memungkinkan Anda untuk menguji kemampuan suspensi mobil dalam menahan beban dan juga menjaga keseimbangan. 

Anda bisa merasakan apakah mobil cenderung berguncang atau terasa tidak stabil saat menanjak. Selain itu, hal ini juga membantu dalam menguji respons dan presisi kemudi mobil.

BACA JUGA: Kekurangan Mobil FWD, Salah Satunya Kurang Tangguh Kalau Diajak Nanjak

BACA JUGA: Mitos Tentang Mobil yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

4. Uji Sistem Penggerak 

Mobil bekas harus diuji di jalan menanjak juga untuk mengetes sistem penggeraknya. Mobil yang dilengkapi sistem penggerak roda belakang atau 4 roda bisa menunjukkan kinerja yang sebenarnya, terutama saat melewati jalanan menanjak. 

Nanti Anda bisa menguji traksi dan stabilitas mobil saat menanjak. Selain itu juga Anda bisa tahu apakah ada tanda-tanda slip atau kegagalan pada sistem penggerak.

5. Evaluasi Konsumsi Bahan Bakar 

Alasan wajib test drive mobil bekas di jalanan menanjak juga untuk mengukur konsumsi bahan bakar mobil. Anda akan melihat seberapa efisien mobil dalam mengatasi tanjakan.

Selain itu perhatikan tanda-tanda konsumsi bahan bakar yang tidak wajar yang bisa menjadi peringatan. Hal ini bisa riskan akibatnya apalagi dibawa perjalanan jauh.

BACA JUGA: Rahasia Perawatan Mobil Paling Tepat, Buat Mobil Anda Punya Nilai Jual Tinggi

Kategori :