Begini Perawatan Honda PCX 160 setelah 10 Ribu Kilometer

Begini Perawatan Honda PCX 160 setelah 10 Ribu Kilometer

Perawatan Honda PCX 160-Tangkapan layar YouTube/Kang Mas Bro-

Radartegal.com – Perlu perhatikan perawatan lanjutan Honda PCX 160 setelah 10 ribu kilometer. Biasanya, perawatannya mulai melibatkan penggantian komponen yang bergerak cepat (fast moving parts) dan pemeriksaan menyeluruh pada sistem transmisi CVT.

Perawatan Honda PCX 160 ini sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Apalagi jika motor matic premium satu ini sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tips perawatan Honda PCX 160 ini bisa diterapkan pada tipe yang mana saja. Asal sudah di atas 10.000 kilometer, Anda wajib siapkan dana untuk penggantian beberapa komponen jika dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, di bawah perawatan Honda PCX 160 yang harus diperhatikan setelah 10 ribu kilometer. Dicatat dengan baik ya!

BACA JUGA: 10 Kebiasaan Buruk Pengendara yang Bikin Honda PCX 160 Lemot dan Tidak Responsif

BACA JUGA: Kunci Performa Honda PCX 160 Tetap Laju Meski Sudah Tahunan

Perawatan Honda PCX 160 setelah 10 ribu kilometer

PCX 160 yang sudah melewati 10 ribu kilometer perlu perhatian khusus. Terutama untuk servis berkala yang perlu Anda ingat tiap : 

  • Servis 12.000 km: Servis tahunan yang utama, dimana Anda wajib melakukan penggantian busi untuk menjaga performa pengapian yang optimal.
  • Servis 18.000 km: Di kilometer ini, Anda perlu meminta mekanik untuk mengecek kondisi seluruh sistem CVT secara mendalam, termasuk V-Belt dan Roller.
  • Servis 24.000 km: Servis besar untuk penggantian komponen penting seperti V-Belt (Drive Belt) dan Roller set. Selain itu, pastikan juga filter udara diganti pada servis ini.
  • Penggantian Oli: Servis PCX 160 sangat penting melakukan ganti oli setiap 6.000 km atau maksimal 2-3 bulan (mana yang tercapai lebih dulu). Sementara itu, oli transmisi (Gardan) biasanya diganti setiap 8.000 km hingga 12.000 km.

BACA JUGA: Cara Membuat Honda PCX 160 Super Irit, Tips Rahasia yang Tak Pernah Dibocorkan Diler

BACA JUGA: Prediksi Harga Honda PCX 160 Bekas Akhir Tahun 2025, Update Lengkap Semua Tahun & Varian

Perawatan Honda PCX 160 setelah melewati 10.000 kilometer harus diarahkan pada beberapa bagian. Diantaranya sistem transmisi, pengereman, dan bagian pengapian serta kelistrikan.

1. Sistem Transmisi (CVT)

  • V-Belt dan Roller: Jadwal penggantiannya tiap 24.000 km, namun pastikan untuk selalu diperiksa saat servis 12.000 km dan 18.000 km. Jika ada tanda-tanda retak pada V-Belt atau peyang pada Roller, segera ganti agar tidak putus di jalan.
  • Kampas Kopling Sentrifugal: Cek ketebalan kampas dan kebersihannya, agar jika mulai tipis atau terjadi gejala gredek (getaran) segera dibersihkan atau diganti.
  • Oli Gardan: Ganti oli garda rutin biasanya bersamaan dengan penggantian oli mesin setiap 2-3 kali (sekitar 8.000 - 12.000 km).

2. Pengereman

Perawatan Honda PCX 160 paling penting juga soal pengeremannya. Cek berkala ketebalan kampas rem depan dan belakang. Kualitas pengereman akan menurun drastis jika kampas sudah tipis.

Seiring waktu, kualitas minyak rem juga akan menurun. Pastikan ganti minyak rem setiap 2 tahun sekali untuk menjaga performa rem cakram tetap maksimal, serta mencegah karat pada komponen di dalam kaliper.

3. Pengapian dan Kelistrikan

Cara merawat PCX 160 juga tak boleh lewat soal pengapian dan kelistrikannya. Ganti busi tiap 8.000-12.000 km, untuk menjamin pembakaran sempurna, efisiensi bahan bakar, dan performa mesin yang stabil.

BACA JUGA: Nggak Usah ke Bengkel, Ini 9 Cara Mengatasi Honda Scoopy Mbrebet, Dijamin Mesin Kembali Halus!

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: