Asal Usul Alas Purwo Banyuwangi, Hutan Pertama di Pulau Jawa yang Masih Penuh Misteri

Senin 03-06-2024,11:35 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Khikmah Wati

BANYUWANGI, radartegal.id - Meski keberadaannya sudah lama ada, asal usul Alas Purwo masih jarang orang ketahui. Berdasarkan legenda masyarakat Jawa, awal mula penciptaan Pulau Jawa bermula di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Nama Alas Purwo sendiri berarti "hutan pertama" atau "hutan permulaan." Selain keindahan alamnya yang masih terjaga, Alas Purwo menyimpan segudang misteri di dalamnya. 

Hutan seluas lebih dari 43.000 hektare ini memiliki reputasi sebagai salah satu destinasi wisata paling angker di Pulau Jawa. Di mana aktivitas mistis seperti pesugihan, mencari ilmu kesaktian, atau bertapa masih sering dilakukan.

Berikut ini kami telah merangkum asal usul Alas Purwo dan misterinya yang dilansir dari Trans7 Official. Konon hutan ini adalah cikal bakal Pulau Jawa dan sebagai hutan pertama di pulau ini. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata yang Lagi Viral di Tegal, Liburan Wajib Banget Mampir ke Sini

Legenda Alas Purwo

Alas Purwo bukan hanya dikenal karena keindahan alamnya, tetapi juga karena berbagai cerita mistis yang melingkupinya. Menurut kepercayaan setempat, banyak orang yang hilang tanpa jejak di Alas Purwo karena dibawa ke alam lain oleh penguasa gaib. 

Asal usul Alas Purwo terkait juga dengan situs-situs bersejarah seperti Gua Istana dan Situs Kawitan yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Blambangan dari abad ke-14.  Salah satu kisah mistis yang terkenal adalah tentang seorang warga yang mengambil batu dari situs Kawitan untuk dijadikan bahan pembuatan tungku. 

Setelahnya, ia mengalami mimpi buruk dan disuruh mengembalikan batu tersebut oleh sosok gaib. Akhirnya, batu itu dikembalikan dengan melakukan ritual tertentu sebagai permohonan maaf.

BACA JUGA: Sejarah dan Misteri Gunung Sagara Brebes, Masyarat Meyakini Terdapat Jendela Neraka

BACA JUGA: Menguak Misteri Alas Cangar Angker di Jalur Pacet-Cangar, Kerap Menjadi Lokasi Pembuangan Mayat

Situs Kawitan

Kategori :