7 Tips Perawatan Mobil Supaya Performa Tetap Terjaga, Jangan Anggap Remeh!

Selasa 14-05-2024,19:50 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengguna kendaraan mobil empat, menjaga performa mobil tidak harus menunggu sampai ada kerusakan pada suku cadang atau pun beragam komponen lainnya, lho. Berikut ini tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga.

Anda perlu mengetahui tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga. Hal ini  bertujuan supaya performa mobil Anda tetap terjaga dan berumur lebih panjang.

Dengan mengetahui tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga berikut ini.  Maka Anda akan mengetahui betapa pentingnya melakukan perawatan mobil.

Langsung saja, berikut ini penjelasan mengenai tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga.

BACA JUGA:  Perhatikan 7 Poin Ini untuk Perawatan Mobil Pajero Sport yang Tepat agar Tetap Tangguh

Tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga

1. Periksa Tekanan Ban Mobil

Tips perawatan mobil yang pertama yakni selalu periksa tekanan ban mobil Anda, ya. Tekanan ban mobil sendiri berhubungan erat dengan keamanan berkendara karena berpengaruh pada kontrol kendaraan pada saat sedang bermanuver.

Ban dengan tekanan yang sesuai diklaim akan memberikan kenyamanan pada saat dibawa berkendara sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan akibat penggunaan ban yang tidak merata atau pun hilang traksi.

2. Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Tips yang satu ini tentu Anda sudah mengetahuinya bukan. Penggantian oli secara berkala ini bertujuan supaya performa mobil Anda tetap optimal.

Oli sendiri berfungsi sebagaipelumas utama pada mesin mobil yang dapat mengurangi gesekan antar komponen. Dengan Anda rutin mengganti oli, maka akan membuat mesin mobil lebih bersih, mudah melakukan pendinginan, mencegah karat, serta efisiensi bahan bakar yang digunakan, lho.

BACA JUGA:  5 Tips Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran Tahun 2024, Jangan Sepelekan Hal-hal Kecil Berikut Ini

3. Cek Cairan Pendingin

Tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga berikutnya yakni selalu cek cairan pendingin pada mobil atau yang sering disebut sebagai coolant atau antifreeze.

Coolant sendiri berperan untuk menjaga suhu mesin mobil yakni menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin pada saat  digunakan. Dengan adanya cairan pendinngin ini, maka dapat mecegah pembekuan pada mesin dan komponen sistem pendingin, menghambat karat, meningkatkan titik didih, pelumasan pompa air, dan menahan stabilitas pH sehingga perlu Anda cek  secara  rutin, ya.

4. Servis Rem Mobil Secara Rutin

Tahukah Anda bahwa sistem rem mobil berfungsi dengan baik juga menjadi hal utama yang perlu Anda perhatikan demi keselamatan berkendara, lho. Dengan Anda melakukan servis  secara rutin maka akan mengidentifikasi adanya potensi masalah pada rem sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh memburuknya fungsi rem pada mobil Anda.

5. Rajin Membersihkan Mobil

Membersihkan mobil merupakan bentuk pemeliharaan penampilan mobil dari debu, kotoran, noda, serta bekas air hujan yang bisa mengurangi kecerahannya. Ada pun fungsi lainnya yakni untuk mencegah terjadinya kerusakan atau goresan pada cat, pencegahan karat, merawat komponen interior, merawat kaca atau cermin, dan sebagainya sehingga bisa meningkatkan nilai jualnya jika terjaga kebersihannya.

BACA JUGA:  Anda Perlu Tahu! 5 Perawatan Mobill Setelah Turun Mesin Ini Harus Dilakukan Agar Mobil Kembali Prima

6. Pemeliharaan Sistem Kelistrikan pada Mobil

Performa mobil berhubungan erat dengan sistem kelistrikannya, lho. Beragam komponen seperti baterai, alternator, sistem pengisian, kabel-kabel listrik, dan komponen elektronik lainnya  diketahui memerlukan listrik yang stabil.

Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk secara rutin memeriksa sistem kelistrikan seperti kabel, alternator, sambungan, dan lain-lain.

7. Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Mobil

Tahukah Anda bahwa memelihara sistem bahan bakar menjadi salah satu langkah penting yang dapat membuat kinerja mobil lebih optimal serta dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar sehingga menjadi lebih hemat.

Oleh karena itu, pastikan komponen sistem bahan bakar Anda terperlihara dengan baik, ya.

BACA JUGA:  3 Penyebab Mahalnya Biaya Perawatan Mobil Matic, Yakin Masih Pengin Beli?

Demikian ulasan mengenai tips perawatan mobil supaya performa tetap terjaga. semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :