5 Tips Mencegah Asam Lambung Naik, Salah Satunya Perlu Mengelola Stres dengan Baik!

Selasa 14-05-2024,00:00 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengidap penyakit asam lambung, maka penting mengetahui tips mencegah asam lambung naik. Hal ini karena, penyakit asam lambung dapat kambuh kapan saja dan menyebabkan perut terasa nyeri, mual, dan panas.

Ketika asam lambung Anda naik, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari bukan. Oleh karena itu, simak tips mencegah asam lambung berikut ini. Sebelum mengetahui tips mencegah asam lambung naik, Anda tentu perlu mengetahui apa definisi dari asam lambung sendiri ya.

Asam lambung merupakan cairan di dalam lambung (HCI) yang mempunyai kadar keasaman tertentu dan berfungsi untuk mencerna makanan dan membunuh mikroorganisme.  Jadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus, akan menimbulkan rasa nyeri atau panas di ulu hati

Kondisi ini pula yang membuat penderitanya tidak nyaman.  Hal tersebut dapat Anda cegah denganmenghindari berbagao pantangan asam lambung dan diimbangi dengan penerapan beberapa tips mencegah asam lambung naik berikut ini.

BACA JUGA:  Buah Pir Mampu Atasi Asam Lambung? Begini Cara Mengkonsumsinya

Tips mencegah asam lambung naik

1. Pilih makanan yang tepat

Cara mencegah asam lambung naik yang penting Anda perhatikan yakni memilih jenis makanan dengan tepat. Anda perlu menghindari makanan pedas, mengandung bawang asam, asin, dan berlemak karena diklaim dapat merangsang produksi asam lambung.

Daftar makanan yang aman untuk penderita asam lambung sebagai berikut:

  • Daging, putih telur, dan makanan laut
  • Umbi-umbian (kentang, wortel, lobak, atau bit)
  • Oatmeal rendah gula dan kaya serat
  • Buah yang matang dan tidak asam seperti semangka dan melon
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, asparagus, dan seledri.

2. Mengunyah Makanan dengan Perlahan-lahan

Tahukah Anda bahwa dengan mengunyah makanan secara perlahan diklaim dapat mencegah asam lambung naik, lho. Jadi, ketika makanan dikunyah, makanan akan bercampur dengan air liur untuk dipecah emnjadi bentuk yang lebih sederhana.

BACA JUGA:  Wajib Dihindari! Ini Macam - macam Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pemilik Asam Lambung

Hal tersebut tentu akan memudahkan tubuh dalam penyerapan gizi makanan serta kerja sistem pencernaan dalam mengurai  makanan. Berarti, sistem pencernaan tubuh Anda akan bekerja lebih kerja apabila makanan yang dicerna tidak cukup lembut.

Karena itu, Anda disarankan untuk membiasakan diri mengunyah makanan kurang lebih 32 kali supaya makanan yang Anda makan menjadi lebih lembut pada saat masuk ke dalam lambung. Dengan menerapkan hal ini, maka risiko masalah pencernaan asam lambung juga menurun.

3. Menyajikan Makanan dengan Cara Lebih Sehat

Tips mencegah asam lambung naik selanjutnya yakni Anda perlu mempertimbangkan cara memasak makanan sehat. Anda perlu menghindari terlalu banyak cabai, bawang, atau cuka  karena dapat memicu naiknya asam lambung.

Tips menyajikan makanan yang benar supaya asam lambung tidak naik sebagai berikut.

BACA JUGA:  Mengelola Asam Lambung Tinggi: Hindari Hal-Hal Ini yang Dapat Memicu dan Memperburuk Gejala!

  • Batasi makanan yang digoreng karena umumnya  mengandung lemak berlebih
  • Anda perlu mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, atau  dipanggang.
  • Tidak hanya itu, pengidap asam lambung juga disarankan untuk makanan 4  hingga 5 kali sehari dengan porsi lebih kecil dibandingkan dengan makan 2 hingga 4 kali sehari dengan porsi yang lebih besar. Cara ini diklaim ampuh untuk mencegah  gejala naiknya asam lambung seperti mual dan kembung.

4. Mengelola stres dengan baik dapat menurunkan asam lambung

Asam lambung tidak hanya  berhubungan dengan pola makanan yang buruk saja, lho. Naiknya asam lambung juga dapat disebabkan oleh kondisi mental yang kurang baik seperti stres berlebihan.

Karena itu, penderita asam lambung perlu mengelola stres dengan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan suasana hati seperti pergi berbelanja, menonton film, atau hobi lainnya yang Anda sukai.

BACA JUGA:  Terkait Asam Lambung Sebabkan Seorang Desainer Grafis Meninggal Dunia, Seberapa Bahayakah Penyakit Tersebut?

5. Tidak langsung tidur setelah makan

Tahukah Anda bahwa produksi  asam lambung akan meningkat setelah Anda makan, lho. Oleh karena itu, penderita asam lambung tidak disarankan untuk langsung berbaring atau tidur usai makan karena dapat memicu gejala seperti heartburn (rasa panas di dada) dan mual.

Penderita asam lambung juga diusahakan untuk makan sekitar 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur dan berdiri atau duduk dengan posisi tegak selama 30 menit setelah makan supaya mencegah  asam lambung naik.

Demikian ulasan mengenai  tips mencegah asam lambung naik. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :