Rahasia Agar Tidak Haus Saat Berpuasa Ramadhan, Makan Makanan Ini 15 Menit Sebelum Imsak

Rabu 13-03-2024,07:15 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

3.  Makan Buah dan Sayur yang Mengandung Banyak Air

Cara tidak haus saat bulan puasa, bisa juga dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air. Buah dan sayur yang mengandung banyak air, akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Beberapa contoh buah yang kaya air dan baik dikonsumsi saat berpuasa adalah semangka, timun, dan stroberi. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut saat berbuka maupun sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

BACA JUGA: Link Download Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Tegal Full Satu Bulan, Langsung Scan QR Disini

Sedangkan untuk sayuran, Anda bisa mengkomsumsi bayam, selada, dan tomat yang memiliki kandungan air tinggi dan kaya juga akan serat. Mengkonsumsi serat akan membantu Anda merasa kenyang lebig lama.

4. Jangan Melakukan Aktivitas Berlebihan

Cara tidak haus saat  bulan   puasa juga sangat bergantung pada aktivitas yang Anda lakukan sehari-harinya. Maka dari itu, lakukan aktivitas Anda semampunya dan jangan paksakan apabila beresiko membuat Anda merasa haus berat.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut juga menjadi salah satu cara tidak haus saat  bulan  puasa yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan menjaga kebersihan mulut Anda, bisa mencegah mulut Anda selalu dalam kondisi kering.

Agar mencegah hal itu, Anda bsia mensikat gigi minimal dua kali sehari, bisa saat sahur dan berbuka. Gunakan obat kumur juga untuk memaksimalkan kebersihan mulut agar terhindari dari bakteri dan bau mulut.

BACA JUGA: 5 Makanan Sehat untuk Berbuka atau Sahur, Tetap Berenergi Selama Beraktivitas di Bulan Puasa

6. Tidur yang Cukup

Terakhir, cara agar tidak merasa haus saat berpuasa adalah dengan tidur yang cukup. Mengapa harus tidur cukup agar tidak merasa haus saat berpuasa? Saat tidur, tubuh hanya menggunakan energi lebih sedikit.

Selain itu, dengan tidur yang cukup akan membuat metabolisme tubuh menurun sehingga rasa haus pun akan berkurang. Oleh karena itu, hindari begadang dan usahakan tidur minimal 7-8 jam per hari.

Akhir kata

Nah jadi itulah, 6 tips yang bisa Anda ikuti agar tidak selalu merasa haus saat sedang menunaikan ibadah puasa. Demikian informasi cara tidak haus saat  bulan   puasa ini, semoga informasi yang dihadirkan dapat bermanfaat.  (*)

Kategori :