Memasuki Musim Hujan akan Banyak Nyamuk, Ini 8 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk!

Selasa 31-10-2023,11:45 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Ranti

RADAR TEGAL – Di Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim hujan, bahkan terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang kini sudah mulai hujan. Biasanya, ketika hujan masuk akan banyak nyamuk masuk ke dalam rumah. Berikut ini 8 jenis tanaman pengusir nyamuk yang perlu Anda ketahui.

Seperti yang Anda ketahui bahwa gigitan nyamuk tidak hanya terasa gatal, tidak nyaman, dan membawa banyak penyakit.

Oleh karena itu, Anda perlu mengusir nyamuk, salah satunya dengan tanaman pengusir nyamuk.

Percaya atau tidak, terdapat banyak tanaman yang bisa Anda tenam tepat di kebun Anda untuk mencegah nyamuk menyerang.

Sebab, banyak dari tanaman tersebut mengeluarkan bau atau mengandung minyak   yang tidak disukai oleh nyamuk.

Anda bisa menanam tanaman pengusir nyamuk   di tanah atau di   dalam pot. Namun pastikan letakkan tanaman tersebut di dekat pintu masuk   dan area tempat duduk   untuk bisa meningkatkan efektivitasnya, ya.

BACA JUGA:  Tidak Hanya Menawan, Ini 5 Tanaman Pembawa Keberuntungan dan Kemakmuran Menurut Feng Shui

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk

1. Lavender

Sebagian  besar masyarakat Indonesia tentu sudah memiliki tanaman lavender   yang tumbuh di kebun. Hal ini karena, tanaman yang satu ini pemeliharaannya cukup rendah, tahan kering, dan disukai oleh   banyak   pecinta tanaman.

Tidak hanya mudah untuk tumbuh, lavender juga diketahui bisa menghasilkan minyak yang sangat efektif sebagai pengusir nyamuk.

2. Citronella

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya yang paling terkenal yakni citronella. Tanaman ini diketahui bisa menghasilkan aroma kuat seperti jeruk yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman ini memiliki bau yang sama digunakan pada lilin untuk mengusir serangga. Tanaman serai wangi yang merupakan salah satu jenis   geranium   wangi bisa ditanam di taman atau sebagai tanaman kontainer.

BACA JUGA:  3 Tanaman Hias Pembawa Rezeki dan Keberuntungan, Perawatannya Gak Ribet

3. Basil

Basil merupakan tanaman dengan bau menyengat yang tidak   disukai   oleh nyamuk.   Untuk variasi dengan aroma yang sangat kuat, maka cobalah ‘cinnamon’ Basil.

4. Daun Mint

Tahukah Anda bahwa Peppermint mengeluarkan aroma menyegarkan yang disukai oleh manusia, namun tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman yang satu ini diketahui menyebar dengan cepat, jadi hanya   satu saja yang bisa mengendalikan nyamuk dalam jumlah yang cukup pada   musim tersebut.

BACA JUGA:  5 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Feng Shui, Bikin Pemiliknya Kaya Raya dan Hoky Terus

5. Serai

Minyak Sereh yang ditemukan dalam serai juga hampir sama efektifnya   dengan pengusir serangga, terutama apabila Anda menghancurkan daunnya dan mengoleskannya pada kulit.

6. Marigold

Marigold merupakan tanaman dengan pemeliharaan rendah, namun mencubit bunga yang dihabiskan bisa mendorong dan memperpanjang pembungaan.

Tanaman ini umumnya ditanam di kebun sebagai cara untuk mencegah   serangga dan hama lainnya.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan, Tanaman yang Disebut Rasulullah SAW Bisa Usir Gangguan Jin

7. Sage

Sage merupakan ramuan aromatik lain yang effektif untuk mengusir nyamuk.

Tanaman ini termasuk dalam tanaman keras abadi yang berbunga di musim semi.   Anda juga bisa menanamnya bersama sayuran yang berisiko dirusak   oleh   hewan, karena sage merupakan tanaman pendamping yang baik.

8. Rosemary

Tahukah Anda bahwa aroma rosemary yang harum mempunyai fungsi ganda yakni menyambut penyerbuk, namun tidak disukai oleh nyamuk.

BACA JUGA:  7 Tanaman Hias yang Dipercaya Mampu Datangkan Energi Positif ke Pemiliknya, Simak Nih!

Demikian ulasan mengenai tanaman pengusir nyamuk. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :