Unik dan Menarik, Tradisi Tidur di Atas Pasir di Kampung Pasir, Madura

Rabu 26-07-2023,22:12 WIB
Reporter : Anjarrizqi Tazkiyah Nugrahaini
Editor : Anjarrizqi Tazkiyah Nugrahaini

Pasir memberikan kehangatan tubuh saat cuaca dingin dan sensasi sejuk saat cuaca panas, membuat tidur di atas pasir menjadi pilihan yang nyaman.

Makna mendalam dalam tradisi unik ini

Menariknya, penggunaan pasir sebagai tempat beristirahat tidak disebabkan oleh keterbatasan finansial untuk membeli perabotan, melainkan didasarkan pada keyakinan akan manfaat kesehatan dari tidur di atas pasir. 

Persiapan dan keamanan penggunaan pasir sebagai tempat tidur

Sebelum digunakan sebagai alas tidur, pasir dipastikan bersih, lembut, dan bebas dari benda tajam atau berbahaya, menjadikan pasir sebagai tempat tidur yang aman dan nyaman. 

Warga di sekitar juga menghiasi rumah dan sekelilingnya dengan pasir untuk menciptakan suasana santai dan nyaman sehingga kursi jarang digunakan.

BACA JUGA:Dudu Moshing Apa Maning Beatdown! Ini Tradisi Unik Adu Betis dari Sulawesi Selatan, Ini Keunikannya

Pentingnya melestarikan tradisi lokal dan identitas budaya

Bagi masyarakat perkotaan, tradisi ini mungkin dianggap aneh, namun bagi masyarakat Kampung Pasir, tidur di atas pasir memiliki nilai dan makna khusus. Tradisi ini merupakan bagian dari kearifan lokal dan identitas budaya desa yang patut dilestarikan dan dihargai. 

Tradisi turun-temurun ini menjadi bukti kekayaan budaya pulau Madura, serta menjadi cerminan cinta dan kecintaan masyarakat Kampung Pasir terhadap warisan nenek moyang mereka. 

Semoga tradisi tidur di atas pasir ini dapat terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi mendatang, sebagai bagian dari khazanah budaya Indonesia yang beragam dan menarik.***

Kategori :