Hari Ini, Sekolah Tingkat TK-SMP di Brebes Lakukan PTMT, Bupati Idza Langsung Monitoring

Senin 06-09-2021,15:40 WIB

Hari ini, seluruh sekolah mulai dari tingkat TK hingga SMP di Kabupaten Brebes melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Hal ini menyusul Kabupaten Brebes yang masuk level 3 penyebaran Covid-19. 

Untuk memaksimalkan hari pertama PTMT, Bupati Brebes Idza Priyanti melakukan pengecekan ke beberapa sekolah. Dalam kunjungannya, sekolah mewajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama PTMT. 

Dalam kunjungannya, Idza menjelaskan, jumlah kasus corona aktif saat ini terus menurun setiap harinya. Bahkan tempat tidur RS rujukan juga sudah mulai banyak yang kosong. 

"Atas dasar itukah Brebes masuk zona oranye, sehingga hari ini sudah mulai menggelar PTM secara terbatas," jelasnya. 

Dimaksudkan PTM secara terbatas, kata dia, pembelajarannya yaitu dengan kuota 50 persen. Sehingga, siswa yang hadir itu tidak semuanya, melainkan setengahnya dari jumlah siswa yang ada di kelas. Seluruh siswa juga harus menerapkan prokes ketat. 

"Harapannya dengan prokes yang ketat ini tidak ada penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes," ucapnya. 

Terpisah, Kepala SMP Negeri 2 Brebes Murtado mengatakan, setiap kelas hanya diisi 16 siswa dan jam pelajaran dimulai mulai pukul 07.00 sampai 10.00 WIB. Setiap hari hanya diisi 2 mata pelajaran, masing-masing pelajaran berlangsung dua jam pelajaran dan setiap jamnya selama 45 menit. 

"Kalau 30 menit satu jam pelajaran dirasa kurang cukup, sehingga kita beri waktu 45 menit setiap pelajaran," terangnya. 

Sementara itu, berbeda di SMP Negeri 1 Brebes. Setiap hari diisi 5 sampai 6 jam pelajaran dan setiap jamnya hanya 30 menit. Selain itu, sekolah ini juga mengatur pola jalur masuk dan keluar siswa. Sekolah ini menyediakan pula jalur khusus bagi siswa yang membawa sepeda. 

"Pengaturan lingkungan sekolah tidak hanya di dalam kelas. Melainkan kami juga menyiapkan jalur masuk dan pulang untuk siswa. Dan kami juga menyiapkan jalur siswa yang berjalan kaki dan yang menggunakan sepeda, ini agar tidak terjadi kerumunan," tukas Kepala SMP Negeri 1 Brebes Dharma Suhaeri. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait