Kunjungan ke Brebes, Pj Bupati PALI Belajar Pengolahan Telur Asin

Jumat 28-05-2021,21:40 WIB

Kunjungan ke Kabupaten Brebes, Pj Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, Rosidin Hasan menyempatkan belajar cara pembuatan telur asin Brebes yang memiliki ciri khas. 

Dirinya datang didampingi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten PALI dan OPD lain serta para peternak itik dan perajin telur asin.

Pj Bupati PALI Rosidin Hasan yang juga merupakan warga Brebes mengatakan, kedatangan dirinya beserta rombongan tidak lain untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten  PALI. Pasalnya, letak geografis Kabupaten PALI tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Brebes yang cocok untuk pengembangan peternakan itik. 

"Kebetulan di Kabupaten PALI cuacanya tidak jauh dengan di Brebes. Sehingga, kami harap bisa menggali potensi di Brebes untuk diterapkan di PALI," ujarnya. 

Rosidin mengatakan, sebagai warga Kabupaten Brebes asli, dirinya memahami persis tentang potensi Kabupaten Brebes, khususnya telur asin yang memiliki rasa khas. Sehingga, dia mengajak dinas terkait untuk belajar pembuatan telur asin di Kabupaten Brebes. Dia pun akan belajar tentang potensi lain yang ada di Kabupaten Brebes. 

"Tadi Ibu Bupati juga menyampaikan potensi-potensi yang ada di Brebes, seperti sapi Jawa Brebes (Jabres) dan lainnya. Lain waktu kami akan belajar lagi ke Brebes," tuturnya. 

Bupati mengajak pelaku usaha dan peternak itik belajar ke Brebes karena selain kabupaten yang terkenal dengan telur asinnya itu, ada banyak kesamaan iklim dengan daerah yang dinilai berhasil dalam sektor peternakan itik. 

Pj Bupati PALI juga mengenalkan kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan yang juga banyak mempunyai potensi ini. 

"Dari kunjungan ini, kita harapkan bisa mengadopsi atau bahkan menciptakan inovasi baru yang nantinya bisa menjadi ikon daerah serta menularkan ilmu yang didapat kepada warga lainnya di Kabupaten PALI," tukasnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, sebelum diskusi, Pj Bupati PALI diperkenankan menjadi khatib salat Jumat di Masjid Agung Brebes. Kemudian mengunjungi peternakan itik untuk belajar tentang produksi telur yang menjadi dasar pembuatan telur asin. Dirinya juga mengaku bangga ada warga Brebes yang sukses di daerah lain. 

"Bukan hanya peternakan itik dan telur asin saja yang sudah mampu mengangkat perekonomian masyarakat dan menjadikan terkenalnya Kabupaten Brebes, banyak olahan dan varian dari telur asin juga bawang merah. Di antaranya kripik telur asin juga bawang pasta. Juga dari sektor peternakan, sapi Brebes sudah dikenal dengan nama sapinya Jabres," terang Idza. 

Idza mengungkapkan, Pemkab Brebes juga nantinya akan belajar ke Kabupaten PALI terkait potensi-potensi daerah yang ada di PALI. Harapannya, Pemkab Brebes juga bisa melihat ke PALI dan mencari potensi yang juga bisa diadopsi dari Sumatera Selatan ke Kabupaten Brebes yang tujuan akhirnya menyejahterakan masyarakat melalui UMKM. 

"Untuk telur asin Brebes memang sudah banyak variannya yang diolah oleh para pelaku UMKM," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait