Hari Sumpah Pemuda, Pj Bupati Brebes Pesan Ini ke Pemuda di Brebes

Hari Sumpah Pemuda, Pj Bupati Brebes Pesan Ini ke Pemuda di Brebes

--

BREBES, radartegal.com - Indonesia akan mendapat bonus demografi dari sisi usia diharapkan pemuda dapat berkiprah di semua bidang. Sebab, ke depan menurutnya tantangan lebih luas dan sulit, tentunya untuk mewujudkan visi misi Indonesia emas 2045 harus betul-betul disiapkan.

 

Hal itu disampaikan oleh Pj Bupati Brebes Djoko Gunawan usai menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96, di Halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Senin 28 Oktober 2024.

 

"Peran pemuda dengan fasilitasnya mereka harus bisa berkiprah secara maksimal, secara bertahap bisa melanjutkan suatu kepemimpinan agar bisa berjalan aman dan lancar," ujarnya.

 

Djoko menyebutkan, salah satu upaya memberikan dukungan kepada pemuda yakni secara perundangan-undangan kaitannya dengan Perda kepemudaan sudah dimiliki Pemkab Brebes.

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Targetkan IPM Urutan 30 di Jateng

 

BACA JUGA: Pasang Badan, Pj Bupati Brebes Ingatkan ASN Harus Netral dan Hati-hati saat Bermedsos

 

"Kami aplikasikan dalam bentuk Perbub sehingga sengkuyung bareng seluruh OPD terkait, dalam hal ini di bidang kepemudaan, kami dorong dapat lebih maksimal," terangnya.

 

Sebelumnya dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dibacakan Pj Bupati Brebes Djoko Gunawan menyampaikan, bahwa pemuda Indonesia sebagai pemilik masa depan diharapkan untuk dapat lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia.

 

Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang saat ini menjadi indikator kualitas kepemudaan pada 2024 ini berada pada posisi 56,33 persen. Indeks ini memberikan gambaran kemajuan pembangunan pemuda di Indonesia.

 

“Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan masif di seluruh wilayah Indonesia,” kata Ario Bimo yang dibacakan oleh Pj Bupati Brebes.

 

BACA JUGA: Sidak Layanan di RSUD, Pj Bupati Brebes Temukan Ini

 

BACA JUGA: Hari Pertama Bekerja Usai Dilantik, Pj Bupati Brebes Langsung Sidak MPP

 

Ario Bimo mengatakan, pemuda bisa meningkatkan IPP melalui sinergi antara pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media untuk membangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif yang mendukung bertumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan, dan berdaya saing.

 

"Untuk itu pada peringatan Sumpah Pemuda ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera," serunya.

 

Ario Bimo juga mengajak kepaea warga Indonesia agar bisa bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara.

Sumber: