Sidak Layanan di RSUD, Pj Bupati Brebes Temukan Ini

Sidak Layanan di RSUD, Pj Bupati Brebes Temukan Ini

Memastikan layanan kesehatan di lingkungan Pemkab Brebes berjalan lancar, Pj Bupati Djoko Gunawan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kabupaten Brebes, Rabu 25 September 2024.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Memastikan layanan kesehatan di lingkungan Pemkab Brebes berjalan lancar, Pj Bupati Djoko Gunawan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kabupaten Brebes, Rabu 25 September 2024. Sidak tersebu merupakan yang kedua kalinya seteah dia dilantik menjadi Pj Bupati Brebes pekan lalu.

 

Dalam sidak tersebut, Pj Bupati mendapat keluhan dari pasien yang tidak mendapatkan layanan Wifi Gratis. Pasien tersebut mengaku kesulitan untuk mendaftarkan antrian via online dan JKN Mobile karena kebetulan kehabisan quota. 

 

“Tadi ada salah seorang pasien yang kesulitan mendapatkan Wifi gratis, sehingga mengalami kesulitan untuk mendaftar antrian layanan dan JKN Mobile di poly klinik,” terang Djoko usai sidak.

 

Menurutnya, layanan registrasi online dan JKN Mobile memang harus dilakukan lewat layanan internet. Di RSUD, sejatinya sudah ada wifi tetapi tidak terpasang secara jelas kalau wifi nya bisa diakses terbuka untuk umum.

 

BACA JUGA: Hari Pertama Bekerja Usai Dilantik, Pj Bupati Brebes Langsung Sidak MPP

 

BACA JUGA: Nana Sudjana Lantik Pj Bupati Brebes dan Banyumas, Singgung Persiapan Pilkada 2024

 

Untuk itu, Djoko memerintahkan kepada managemen RSUD untuk memasang wifi yang diperuntuk khusus gratis di akses pasien.

 

Selain mendapat keluhan masyrakat terkait belum tersedianya layanan wifi gratis, Pj Bupati juga menemukan kurangnya kursi tunggu untuk para pasien.

 

Karena pada jam-jam tertentu dan hari-hari tertentu ada banyak pasien yang antri dan tidak mendapatkan tempat duduk. Djoko berharap ada penambahan kursi tunggu Cadangan untuk mengantisipasi lonjakan pasien agar tidak ada yang berdiri atau duduk lemprakan di kramik.

  

Meski sepele, kata dia, tetapi harus dipenuhi demi pelayanan maksimal, prima dan menjadikan RSUD Brebes selalu dihati. Dengan pelayanan yang prima akan menambah nilai pada kredibilitas rumah sakit rujukan utama. 

 

BACA JUGA: Sah! Djoko Gunawan Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Brebes

 

BACA JUGA: Muscab ke XI, Pj Bupati Brebes: Pramuka Harus Diberi Pelatihan TI dan Hukum

 

“Saya melihat, pelayanan RSUD Brebes sudah bagus dan semua layanan BPJS juga maksimal dan dari pengakuan pasien tidak dipungut biaya karena keikutsertaannya dalam BPJS,” pungkasnya. 

 

Meski ada keluhan, Djoko juga menyampaikan pujian terhadap layanan di RSUD Brebes. Menurutnya, RSUD Brebes sudah mulai ada perubahan mainsed karena seiring dengan RSUD Brebes sebagai rujukan utama.

 

Tentunya, layanan harus terus ditingkatkan baik di poly maupun perawatan, kurangi angka-angka keluhan pasien. Termasuk juga, perlunya mengawal tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan. 

 

“Bekerjalah maksimal, kalau pasien bisa ditangani di RSUD jangan dirujuk ke luar Brebes sepanjang masih mampu ditangani, jangan dirujuk keluar. Tidak lucu, kalau akreditasi RSUD Brebes B, masa pasiennya malah dirujuk ke RS yang berpredikat C,” pungkasnya.

 

BACA JUGA: Sekolah Tidak Boleh Jual Seragam, Pj Bupati Brebes: Beli Sendiri-sendiri Sesuai Selera

 

Direktur RSUD Brebes dr Rasipin mengaku gembira atas kedatangan Pj Bupati Brebes Djoko Gunawan karena menjadi support yang luar biasa, baik untuk managemen maupun seluruh karyawan dan pasien. Terhadap berbagai kekurangan sebagaimana yang disampaikan Pj Bupati, Rasipin berjanji akan diusahakan, dipenuhi segera mungkin.

 

"Segera, hari ini juga akan kami penuhi pemasangan wifi gratis dan penambahan kursi tunggu pasien, demi pelayanan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sumber: