Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Tegal dalam Gigantopithecus Expo 2024

Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Tegal dalam Gigantopithecus Expo 2024

KONPRESS - Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Suspriyanti didampingi Kepala Unit Museum Situs Semedo, Gatot saat konferensi pers soal Gigantopithecus Expo 2024, Rabu, 2 Oktober 2024. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

"Kegiatan ini dibuka untuk umum dan gratis," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Unit Museum Situs Semedo Gatot, mengatakan bahwa Gigantopithecus itu hanya sebagian kecil sumber budaya Kabupaten Tegal, namun sudah berhasil menginspirasi banyak karya-karya kreatif. 

"Hari ini terbukti bahwa warisan budaya itu menyatukan kita bersama, semua sumber daya kebudayaan. Tujuannya yakni untuk memajukan kebudayaan Kabupaten Tegal, termasuk sektor pariwisata, industri kreatif, ekonomi dan lain sebagainya," kata Gatot. 

BACA JUGA: Buat Exit Tol Khusus untuk Meramaikan Kunjungan Museum Semedo

BACA JUGA: Museum Semedo Dikelola Pemerintah Pusat, Tapi Sarana Dibebankan ke Pemkab Tegal

Gatot menjelaskan, Gigantopithecus itu sendiri risetnya masih akan terus berjalan. 

Menurutnya, pada saat digelar Dialog Budaya yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, pihaknya dijanjikan oleh peneliti BRIN akan merilis kejutan-kejutan baru di tahun depan. 

Sementara terkait Pameran Temporer 'Wanara Serba', pihaknya menjanjikan akan membawa pengunjung yang hadir seakan-akan masuk ke lorong waktu, ribuan hingga jutaan tahun yang lalu. 

"Jadi ini adalah pengalaman belajar yang tidak terasa belajar, tetapi mengedukasi dan menyenangkan," tukasnya. 

BACA JUGA: Gratis Masuk Selama Soft Launching, Museum Semedo Resmi Dibuka

BACA JUGA: Jelang Peresmian Museum Semedo, Akses Jalan Rusak Parah, Butuh Rp50 Miliar untuk Perbaikan

Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara Unit Museum Semedo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT). 

Berbagai rangkaian program dilaksanakan untuk memeriahkan Gigantopithecus Expo 2024. 

Di antaranya Dialog Budaya 'Gendu-Gendu Rasa Kethek Raksasa', Napak Tilas, Kompetisi Karya Kreatif 'Batire Opith', Pagelaran Kolosal 'Panditha Wanara Agung' dan Pameran Temporer 'Wanara Serba'. 

Sumber: