Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Tegal dalam Gigantopithecus Expo 2024

Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Tegal dalam Gigantopithecus Expo 2024

KONPRESS - Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Suspriyanti didampingi Kepala Unit Museum Situs Semedo, Gatot saat konferensi pers soal Gigantopithecus Expo 2024, Rabu, 2 Oktober 2024. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.com - Sejak 17 September hingga 13 Oktober 2024, Museum Semedo menggelar Gigantopithecus Expo 2024. 

Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Suspriyanti, mengatakan Expo 2024 ini bertujuan untuk mensosialisasikan Gigantopithecus blacki yang merupakan spesies kera raksasa yang pernah hidup di bumi. 

Fosil kera raksasa ini ditemukan di Semedo, Kabupaten Tegal pada tahun 2014 dan 2022, berupa rahang bawah dan gigi. 

"Kita ingin mensosialisasikan Gigantopithecus Blacki ini kepada masyarakat, karena ini se-Asia Tenggara hanya ada di Kabupaten Tegal, sudah seharusnya ini menjadi kebanggaan kita," kata Suspriyanti, Rabu, 2 Oktober 2024.

BACA JUGA: Menyusuri Jejak Purbakala di Museum Semedo Tegal, Ternyata Isinya Sungguh Tak Terduga

BACA JUGA: 4 Hal tentang Museum Semedo di Tegal yang Jadi Destinasi Wisata Bersejarah Wajib Dikunjungi Pelancong

Selain mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Tegal, kata Suspri, kegiatan ini juga untuk mengenalkan Gigantopithecus Blacki kepada masyarakat di luar daerah, nasional hingga internasional. 

"Sehingga orang berduyun-duyun datang ke Museum Semedo untuk melihat Gigantopithecus Blacki ini, dimana Museum Semedo ini dalam satu bulan pengunjungnya tidak kurang dari 6000 orang," ujarnya. 

Adapun, rangkaian program mendatang, akan digelar Pameran Temporer 'Wanara Serba' pada 7 sampai 13 Oktober 2024 di Co-Working Space Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal. 

"Pembukaan dimulai pada tanggal 7 Oktober 2024 pukul 08.00 WIB. Nanti, Gigantopithecus Blacki atau fosil kera raksasa ini akan kami pamerkan di lantai bawah Co-Working Space Trasa," ujarnya. 

BACA JUGA: Fosil Manusia Purba Zaman Pleistosen Tengah 700.000 Tahun Lalu Ditemukan di Tegal, Ini Sejarah Museum Semedo

BACA JUGA: Kenali Museum Semedo, Situs Bersejarah Terlengkap di Tegal

Kemudian, ada juga kegiatan dari Pekan Kebudayaan yang akan menampilkan Wayang Gagrak, Sampyong, Tarian Kuntulan dan lainnya. Pada 13 Oktober 2024, akan digelar pula Pagelaran Kolosal 'Panditha Wanara Agung'. 

Sumber: