Antusias Warga Tinggi, Pendaftaran Petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal Tanpa Perpanjangan

Antusias Warga Tinggi, Pendaftaran Petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal Tanpa Perpanjangan

Komisioner KPU Charis Budiman (kanan) mengecek administrasi pendaftar petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal--

TEGAL, radartegal.com - Antusias masyarakat untuk mendaftar sebagai Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada 2024 di Tegal cukup tinggi. Itu, dibuktikan dengan banyaknya warga yang mendaftarkan diri, sehingga proses pendaftaran tidak melalui perpanjangan.

Komisioner KPU Kota Tegal Charis Budiman mengatakan sesuai tahapan yang ada, pendaftaran KPPS dibuka pada 17-28 September 2024 kemarin. Jika, pendaftar belum memenuhi kebutuhan, maka dilakukan perpanjangan.

"Alhamdulillah, sampai dengan penutupan pendaftaran kemarin, jumlah pendaftar sudah melampaui kebutuhan. Sehingga, tidak dilakukan perpanjangan," katanya Senin 1 Oktober 2024.

Menurut Charis, jumlah kebutuhan Petugas KPPS untuk Pilkada 2024 di Tegal sebanyak 2.639 orang untuk 377 TPS. Sementara, jumlah pendaftar mencapai sekitar 3.000 orang.

BACA JUGA: Hari Terakhir Pendaftaran KPPS Pilkada 2024 Brebes, Pelamar Membludak

BACA JUGA: 2.639 Lowongan Petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal Segera Dibuka, Segini Honornya

"Sejauh ini tidak ada kendala dalam tahapan pendaftaran. Jumlah kebutuhan terpenuhi semuanya," ujarnya.

Charis menambahkan, setelah tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi, nantinya akan dibuka untuk tanggapan masyarakat. Itu, akan dilakukan pada 2-5 Oktober 2024.

"Setelahnya, kita akan mengumumkan hasil seleksi Petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan bintek," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno saat membuka rakor persiapan pembentukan KPPS belum lama ini mengatakan, dalam proses pendaftaran, pihaknya berharap agar PPK dan PPS dapat memperhatikan beberapa hal. Yakni, terkait kompetensi kepemiluan, pengalaman kepemiluan, Regenerasi, aspek kesehatan.

BACA JUGA: 16.443 Lowongan KPPS Dibuka di Kabupaten Tegal, Pendaftaran Sampai 28 September 2024

BACA JUGA: 70 Persen Lowongan KPPS di Dukuhwaru Kabupaten Tegal Sudah Terisi, Pendaftaran Masih Dibuka

"Sehingga, kedepannya lebih mudah dalam proses yang diperlukan nanti nya. Kami juga minta kepada PPS untuk bisa berkordinasi dengan lurah terkait pengisian KPPS, sehingga tidak ada lagi istilah perpanjangan karena sudah tercukupi kebutuhan," kata Karyudi. 

Termasuk, imbuh Karyudi, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait pembuatan surat kesehatan agar lebih dimurahkan dan dimudahkan. Karena calon-calon petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal merupakan pejuang demokrasi sejati tumpuan suksesnya Pilkada ini. 

Sumber: