Panik Lihat Ular Cobra Saat Mencuci di Rumahnya, Warga di Brebes Panggil Petugas Damkar

Panik Lihat Ular Cobra Saat Mencuci di Rumahnya, Warga di Brebes Panggil Petugas Damkar

Petugas Damkar Kabupaten Brebes mengevakuasi ular kobra yang bersarang disebuah sumur di rumah warga Desa Kedunguter, Kecamatan Brebes, Jumat 20 September 2024.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Petugas Damkar Kabupaten Brebes mengevakuasi ular kobra yang bersarang disebuah sumur di rumah warga Desa Kedunguter, Kecamatan Brebes, Jumat 20 September 2024. Sontak, adanya ular berbisa itu membuat warga kaget.

Saah seorang warga setempt Uci (45), mendadak panik saat hendak mencuci baju. Suara gemercik air di sumur rumahnya terdengar tidak biasa. Saat mengintip, Uci dikejutkan oleh pemandangan tak terduga. 

 

Seekor ular cobra berbisa nambak berada di dasar sumur. Kejadian ini membuat seisi rumah panik. Dirinya langsung menghubungi kantor Damkar Brebes untuk meminta bantuan. "Saya langsung ke kantor Damkar dan melaporkan kejadian ini. Alhamdulillah petugas Damkar cepat datang dan berhasil mengevakuasi ularnya," ujar Uci.  

 

Tim Damkar Brebes yang dipimpin Faisal langsung meluncur ke lokasi dengan peralatan lengkap. "Mendapatkan informasibitu, Tim Damkar beranggotakan 4 orang langsung berangkat ke lokasi dengan membawa peralatan pelindung diri, seperti hook snake dan sarung tangan," ungkapnya. 

 

BACA JUGA: Digigit Ular Welang yang Bersembunyi di Bawah Mesin Cuci, Bocah 8 Tahun di Tegal Tidak Sadarkan Diri  

 

BACA JUGA: Bocah 8 Tahun yang Digigit Ular Welang Masih Koma, Direktur RSUD Soeselo Slawi Ungkap Hal Ini

 

Dalam kurun waktu kurang lebih 15 menit, petugas berhasil mengambil ular berbisa tersebut. Petugas dengan sigap menjepit tubuh ular dan memasukkannya ke dalam wadah khusus. "Ular cobra berhasil dievakuasi dengan selamat dan tidak ada korban jiwa," tambah Faisal.   

 

Faisal mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap keberadaan ular berbisa di sekitar lingkungan. "Jangan panik jika menemukan ular di sekitar pemukiman, segera hubungi petugas Damkar Brebes agar dapat ditangani dengan aman,” jelasnya.

 

Untuk pencegahan, kata, Faisal, dengan membersihkan lingkungan sekitar rumah dari tumpukan sampah dan kayu, serta perhatikan celah-celah pada dinding atau atap rumah. "Selain itu, dapat juga menggunakan pengusir alami seperti tanaman lavender, serai, atau peppermint. Anda juga bisa menggunakan kapur barus yang dihaluskan kemudian ditaburkan di sekitar rumah." pungkasnya.

Sumber: