Masa Penyerahan Dokumen Perbaikan Persyaratan Calon Pilkada 2024 Tegal Selesai, KPU Lanjutkan ke Verifikasi

Masa Penyerahan Dokumen Perbaikan Persyaratan Calon Pilkada 2024 Tegal Selesai, KPU Lanjutkan ke Verifikasi

Komisioner KPU dan Bawaslu berkoordinasi terkait penyerahan berkas perbaikan persyaratan Calon dalam Pilkada 2024--

TEGAL, radartegal.com - Masa penyerahan berkas perbaikan calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal pada Pilkada 2024 telah selesai. Selanjutnya, KPU akan melanjutkan ke tahapan pemeriksaan atau verifikasi terhadap berkas yang diserahkan.

Komisioner KPU Kota Tegal Moh. Mansyur Syarifudin mengatakan sesuai tahapan yang ada masa penyerahan berkas perbaikan dilakukan pada 6-8 September 2024. Secara umum, tidak ada kendala dalam pelaksanannya, itu terbukti dari 3 paslon semuanya telah menyelesaikannya.

"Ketiganya dapat mempergunakan masa perbaikan dengan baik. Hingga seluruh hal yang menjadi catatan perbaikan sudah diperbaiki," katanya.

Menurut Mansyur, untuk paslon Edi Suripno-Satori menyerahkan berkas pada 7 September 2024. Kemudian, paslon Dedy Yon-Mbak Iin dan Paslon Faruq-Ashim pada keesokan paginya.

BACA JUGA: KPU Umumkan Hasil Rikkes dan Verifikasi Administrasi Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal

BACA JUGA: Pendaftaran Paslon di Hari Terakhir Ditolak, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes Tetap Calon Tunggal

Setelah penyerahan berkas Perbaikan persyaratan calon, kata Mansyur, tahap selanjutnya yakni verifikasi dan klarifikasi kembali berkas tersebut. Termasuk keabsahan dokumen-dokumen yang diajukan.

Komisioner Bawaslu Kota Tegal Sukristo mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan secara melekat di semua tahapan. Termasuk, penyerahan berkas syarat pencalonan maupun syarat calon.

"Selain berkas pencalonan, masing-masing calon juga harus melengkapi berkas. Itu, harus segera dipenuhi sesuai batas waktu yang telah ditentukan,” ujar Sukristo.

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno menambahkan seluruh proses tahapan yang dilakukan telah sesuai dengan regulasi yang ada. Sehingga, harapannya Pilkada 2024 akan berlangsung menyenangkan dan membuat gembira.

BACA JUGA: Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Semarang

BACA JUGA: KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Tahun 2024

"Sesuai tagline yang terus kita gaungkan yakni Pilkada nyenengna gawe bungah. Silahkan masyarakat untuk bisa memilih sesuai dengan hati nurani," tandasnya. 

Sumber: